Tingkatkan Kecerdasan Otak Dengan Hal-Hal Berikut

Kecerdasan seseorang menunjukan bahwa otak kita berfungsi. Semakin baik performa otak, Intelligence Quotient (IQ) akan semakin tinggi. Rata-rata IQ manusia kisaran 91 sampai 110. Namun, ada beberapa orang mempunyai IQ 140, dan dikategorikan orang- orang jenius. Ada beberapa cara untuk meningkatkan kecerdasan, fokus dan keterampilan yang bisa dilakukan dengan hal- hal sederhana.

Dilansir dari Vivanews.com, beberapa kegiatan yang dapat meningkatkan kecerdasan otak dan IQ yang pertama, adalah menulis. Dengan menulis, otak diasah untuk membangun sebuah konsep. Kedua adalah latihan fisik. Latihan fisik tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh, tetapi juga baik untuk meningkatkan kekuatan otak. Selanjutnya, yaitu membaca cepat. Teknik membaca cepat mengandalkan kecepatan mata, membaca cepat mempunyai banyak manfaat seperti, membuat otak kita terlatih untuk mengingat hal-hal yang dibaca dengan menggunakan alam bawah sadar. Setelah membaca cepat, sebaiknya segera membuat resume singkat mengenai bacaan tersebut. Lalu ada belajar bahasa asing. Mempelajari bahasa asing adalah salah satu cara paling ampuh untuk meningkatkan kecerdasan dan kapasias kognitif otak, yaitu sebagai daya pengingat memori. Terakhir, bermain instrumen musik, bisa menjadi cara efektif untuk meningkatkan kecerdasan otak dengan cara yang lebih kreatif, karena otak bukan benda mati, maka ia bisa berkembang jika terus diasah dan digunakan dengan sebaik-baiknya.

Mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK), jurusan Manajemen Pendidikan, Yeni Maryani mengatakan, kemampuan berpikir seseorang berbeda-beda. “Namun, kecerdasan orang dapat dilihat dari bagaimana cara dia berbicara, bekerja dan menentukan pilihan. Untuk meningkatkan kecerdasan otak, kita dapat memulai dengan cara sederhana, seperti selalu belajar hal-hal baru, dan selalu berpikir poitif,” tuturnya. Yeni memaparkan, semakin banyak membaca, semakin banyak juga hal-hal baru yang akan diketahui. “Semoga kebiasaan membaca bisa ditanamkan ke generasi muda, terutama semua anak Indonesia, sehingga dapat menjadi anak yang cerdas,” tandasnya.

(Syifa Kaltsum)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *