Implementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi, HMJ Manajemen Dakwah Adakan Baksos

Mahasiswa sebagai agent of change yang memiliki pemikiran luar biasa untuk mengubah sekitarnya, sudah sejatinya dapat memberi kontribusi positif bagi lingkungan. Salah satu caranya adalah dengan melaksanakan bakti sosial (baksos). Inilah cara yang kemudian dilakukan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Manajemen Dakwah (MD), Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (Fdikom). Baksos yang diselenggarakan bertemakan “Membangun Dari Hati, Berbakti Untuk Negeri” pada 28 Juli sampai 11 Agustus 2018, di Desa Buntu, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Ketua pelaksana baksos, Rizky Setiady mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari program kerja (proker) HMJ MD yang tahun ini dilaksanakan di Purwakarta. Ia mengaku, tujuan diadakannya baksos di desa tersebut adalah untuk memajukan budaya desa dan memberikan pembelajaran untuk mahasiswa UIN untuk lebih bisa mengenal dan berinteraksi dengan masyarakat di desa. “Rangkaian acara baksos MD di antaranya, mengadakan sosialisasi pendidikan, penyuluhan, pembangunan infrastruktur seperti taman baca, renovasi pos ronda dan mengadakan seminar,” paparnya.

Rizky menambahkan, kendala yang dialami panitia sejauh ini adalah kekurangan sumber daya manusia (SDM) serta dana. “Terkait antusiasme dari warga sangat baik, karena warga setempat dan pejabat pemerintah desa mengapresiasi kegiatan baksos HMJ MD 2018,” ujarnya. Rizky berharap, agar hal sederhana yang dilakukan dapat berdampak jangka panjang untuk kebaikan Desa Buntu.

Mahasiswa Fdikom, jurusan MD semester lima, Hasna Mufliha mengatakan, kegiatan baksos tidak hanya dilakukan oleh mahasiswa sebagai implementasi dari salah satu kewajiban mahasiswa, namun baksos juga bertujuan untuk membantu lingkungan sekitar. “Semoga  dengan adanya baksos ini, mahasiswa dapat  belajar untuk bermasyarakat secara langsung dan belajar bagaimana mereka seharusnya berperan dalam mewarnai masyarakat,” tandasnya.

(Thalita Zada)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *