OKI Kecam Kompetisi Kartun Nabi Muhammad Di Belanda

Politikus Belanda Geert Wilders yang dikenal anti-Islam, menggagas kompetisi kartun Nabi Muhammad SAW yang akan digelar pada musim gugur tahun ini. Partai Kebebasan menyatakan para kontestan yang ingin ikut serta bisa mulai mengirim karyanya ke email khusus yang dicantumkan pada instagram resmi Wilders. Hal ini tentunya mendapat kecaman dari Organisasi Konferensi Islam (OKI), karena merupakan langkah provokatif yang hanya akan menyebar kebencian antar kelompok beragama.

Dilansir dari CNNIndonesia.com, Partai Kebebasan yang menaungi kontes ini mengumumkan, rencana penyelenggaraan lomba kartun Nabi Muhammad di kantor partainya di Gedung Parlemen, Belanda. Partai anti-Islam ini juga pernah menyerukan agar Alquran dilarang. Saat mengumumkan rencana tersebut, Wilders mengklaim lomba tersebut telah disetujui oleh Badan Anti-Terorisme Belanda (NCTV). Dalam kampanyenya, Wilders menyerukan agar Belanda tidak lagi menerima imigran atau pencari suaka dari negara berpenduduk mayoritas Islam. Ia juga berkampanye untuk melarang penggunaan hijab di tempat umum, bahkan menyebut sapaan khas Islam sebagai pelanggaran ketertiban umum.

Ketua Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Komisariat Dakwah (Komda) Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (Fdikom) UIN Jakarta, Maulana Sidiq Sinaga menanggapi, kompetisi seperti ini memang harus mendapat kecaman. OKI harus bergabung dengan berbagai kelompok organisasi Islam untuk satu tujuan dalam mengecam lomba menggambar kartun Nabi Muhammad. “Semoga tidak ada lagi permasalahan yang menyangkut agama, karena agama itu hadir untuk membawa kedamaian, dan agama apapun bisa berjalan dengan harmonis satu sama lain,” harapnya.

(Thalita Zada)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *