UKM KMPLHK Ranita Jadi Bagian “Squad Penanggulangan Bencana Indonesia” Termuda

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kelompok Mahasiswa Pecinta Lingkungan Hidup dan Kemanusiaan (KMPLHK) Kembara Insani Ibnu Batuttah (Ranita) telah usai mengikuti acara Halal Bi Halal Squad Penanggulangan Bencana Indonesia. Kegiatan yang dihadiri oleh 60 lembaga squad penanggulangan bencana tersebut, bertempat di Bumi Perkemahan Cibubur, pada Sabtu-Minggu (28-29/7). Dalam keikutsertaannya, KMPLHK Ranita menjadi satu-satunya lembaga pada tingkat universitas yang menjadi bagian dalam squad penanggulanhan bencana Indonesia ini. Tidak hanya sebagai ajang silaturahmi, acara ini juga turut membahas program kerja (proker) organisasi tersebut ke depannya.

Anggota KMPLHK Ranita yang hadir dalam kegiatan tersebut, Mujahidin mengatakan, dalam kegiatan ini terdapat forum diskusi khusus yang membahas tentang proker, serta kegiatan apa yang akan dilakukan squad ini ke depannya. Lelaki yang akrab disapa Lukindo ini menambahkan, yang melatarbelakangi dibentuknya squad ini karena sebelumnya lembaga yang ada, bergerak sendiri dan tidak terorganisir dalam menjalankan tugas membantu korban bencana. “Maka dari itu, dibentuk squad penanggulangan bencana Indonesia ini, agar lembaga lainnya yang bergerak di bidang yang sama, dapat bersinergi serta terorganisir pergerakannya,” ungkapnya. Lukindo melanjutkan, dalam setiap aksi sosial, aksi kebencanaan, hampir dapat dipastikan  KMPLH Ranita tidak pernah absen dalam berpartisipasi. Ranita juga selalu berkoordinasi dengan lembaga yang dinaungi pemerintah, seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jakarta, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dan Badan Search And Rescue Nasional (BASARNAS). “Sehingga faktor itulah yang membuat KMPLHK Ranita dapat menjadi bagian dalam squad ini,” ujarnya.

Lukindo mengaku, dalam pertemuan ini juga membahas tentang pembentukan struktur, dari mulai ketua sampai pembagian tugas yang telah dibagi dalam beberapa divisi. KMPLHK Ranita masuk dalam tiga divisi, yaitu pencarian dan pertolongan, penanganan trauma healing, serta pengurangan risiko bencana. Menyoal bencana alam yang sedang melanda Indonesia saat ini, Lukindo berujar, tidak luput dari perhatian squad penanggulanhan bencana Indonesia. “Squad telah menurunkan anggota untuk membantu korban gempa yang menimpa masyarakat Lombok. Pihak KMPLHK Ranita sendiri, masih dirapatkan oleh internal kami dan insyaAllah secepatnya akan diberangkatkan,” jelasnya.

Mahasiswa Fakultas Ilmu Taribyah dan Keguruan (FITK), jurusan Pendidikan Fisika, Vina Dwi Pratiwi mengatakan, dirinya mewakili mahasiswa UIN Jakarta turut bangga dengan UKM yang identik dengan warna kuning tersebut. “Terima kasih kepada KMPLHK Ranita karena sudah peduli akan musibah yang menimpa masyarakat Indonesia, yaitu dengan cara langsung sigap menolong masyarakat yang sedang membutuhkan bantuan,” tuturnya. Terkait KMPLHK Ranita yang menjadi satu-satunya lembaga tingkat mahasiswa yang bergabung dalam squad tersebut, Vina mengaku, ini merupakan hal yang bagus untuk meningkatkan nama dari UIN Jakarta di tingkat nasional. “Terus berkembang KMPLHK Ranita UIN Jakarta, dan selalu membantu masyarakat Indonesia. Semoga dapat menjadi UKM yang namanya terdengar hingga internasional,” tutupnya.

(Muhamad Fajan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *