Mahasiwa Tangguh Bencana Bersama Ranita UIN Jakarta

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kelompok Pecinta Lingkungan Hidup dan Kemanusiaan (KMPLHK) Kembara Insani Ibnu Batuttah (Ranita) mengadakan kegiatan Sosialisasi dan Pelatihan Kesiapsiagaan Gempa Bumi di Gedung Bertingkat, dengan mengusung tema “Mahasiswa Tangguh Bencana, Siap untuk Selamat”, pada Jumat (28/6), di teater Fakultas Syariah dan Hukum (FSH).

Narasumber Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPN), Anton Agus Hariyanta mengatakan, ancaman bencana, khususnya di DKI Jakarta diantaranya banjir, kebakaran, gempa bumi, dan sebgainya.

“Walaupun UIN Jakarta berwilayah di Tangerang, tetapi tetap akan terkena dampaknya, karena bencana tidak mengenal batas wilayah,” ungkapnya.

Ia menambahkan, secara umum, bencana meningkat dari tahun 2008 hingga 2018, telah terjadi bencana sebanyak 2426 kali, yang berupa banjir, longsor, dan puting beliung masih tetap mendominasi.
“Saat bencana gempa terjadi, yang harus dilakukan adalah waspada dan tenang, lindungi kepala atau diri, serta jangan berlari,” tuturnya.

Ketua pelaksana kegiatan Sosialisasi dan Pelatihan Kesiapsiagaan Gempa Bumi di Gedung Bertingkat, Dewi Rochayati mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Kesiapsiagaan Nasional yang diadakan oleh BPNP bersama KMPLHK Ranita.
“Kegiatan sosialisasi sudah pernah diadakan, tetapi pelatihan baru pertama kali dilaksanakan,” ujarnya.
Ia mengatakan, mahasiswa kurang sadar akan bahaya bencana, dan penangggulangannya, jadi Ranita ingin memberikan pengetahuan seputar bencana agar mahasiswa lebih peduli.
“Rangkaian kegiatan terdiri dari dua sesi, sesi pertama adalah sosialisasi tentang kesiapsiagaan gempa bumi, sesi kedua adalah simulasi evakuasi,” pungkasnya
(Shidqi Fikri Zaidan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *