Polri Gelar Syukuran Hari Bhayangkara

Polisi Republik Indonesia (Polri) merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bertugas untuk memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat. 1 Juli bertepatan dengan Hari Bhayangkara atau bisa dibilang Hari Lahir Kepolisian Republik Indonesia (RI).Namun, menurut kepala polisi RI, Badrodin Haiti, Hari Bhayangkara bukanlah Hari Lahir Kepolisian tetapi Hari Kepolisiam Nasional yang disampaikan saat Syukuran Hari Bhayangkara di halaman Markas Besar (Mabes) Polri.

Anggota Logistik Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Komando Resimen Mahasiswa (Menwa) Jayakarta satuan wira dharma, Rahma Dina Damanik mengatakan, dirinya mengetahui akan Hari Kepolisian Nasional atau sering disebut Hari Bhayangkara. Peran Polri dalam menjaga keamanan dan persatuan Indonesia dianggap baik, tapi belum semua terlaksana.

“Upaya Polri dengan menegakkan hukum dan memberi ganjaran terhadap pelaku tindak pidana, keberadaan Kepolisian di Indonesia sangat penting, namun belum maksimal,” ungkapnya.

Oknum Kepolisan yang menyalahgunaan kewenangannnya ada yang disebabkan oleh kurangnya pendidikan karakter sebelum masuk ke instansi tersebut.

“Cara masyarakat untuk ikut andil dalam membantu peran Kepolisian yaitu dengan cara melaporkan tindak kejahatan atau pelanggaran,” tuturnya.

Mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum (FSH), jurusan Perbandingan Mazhab Hukum, semester dua, Rizki Bahtiar Rifaldi mangatakan, peranan Kepolisian dalam menjaga NKRI sangat baik, rela meninggalkan dan mengorbankan waktu mereka dengan keluarga.

“Hal yang dilakukan polisi dalam menjaga dan kegiatan yang ada di Indonesia, keberadaan polisi di Indonesia sangat penting karena bagaimana pun negara ini adalah negara hukum,” ungkapnya.

Keadaan Kepolisian saat ini sudah cukup baik, namun itu tergantung pandangan masyarakat dalam memandang dari segi mana masalah hukum yang menyalahgunakan wewenang.

(Shidqi Fikri Zaidan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *