UIN Jakarta Sukses Laksanakan Geladi PBAK Moderat 2019

Geladi Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) 2019 telah dilaksanakan pada Senin (26/8), di Lapangan Triguna UIN Jakarta. Nama PBAK tahun ini adalah PBAK Moderat, dengan tema PBAK Universitas yaitu “Terwujudnya Mahasiswa Akademis, Kritis, Inovatif dalam mengamalkan nilai-nilai Ke-Islaman dan Ke-Indonesiaan”.

Ketua Pelaksana PBAK FDIKOM, Muhammad Tursun Sabatatan mengatakan, Geladi PBAK Universitas berjalan lancar.

“PBAK Universitas ingin memperkenalkan kesatuan seluruh elemen yang ada di UIN Jakarta, maka dibuatnya 12 kelompok sesuai dengan jumlah fakultas yang ada di UIN Jakarta,” ujarnya.

Ia mengatakan, konsep PBAK tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya. Tahun lalu, mahasiswa baru berbaris sesuai kelompok. Tahun ini, dalam satu kelompok berisi mahasiswa berbeda fakultas.

“PBAK Moderat tahun ini mengangkat nilai-nilai yang bisa dibina agar menjadi mahasiswa yang sebenarnya. Selain itu, adanya materi yang disampaikan, tidak hanya pengenalan saja,serta tidak ada perpeloncoan dengan atribut aneh,” jelasnya.

Menurutnya, sistem PBAK tahun ini lebih baik, karena diadakan sistem mentor berkepanjangan selama enam bulan sampai menjadi mahasiswa yang sebenarnya, disertai keilmuan dan keagamaan.

“Walaupun jumlah mahasiswa baru 1005, FDIKOM menerima sistem tersebut, karena panitia FDIKOM adalah panitia yang siap, bukan disiapkan dan geladi ini tidak ada permasalahan,” pungkasnya.

Mahasiswa baru FDIKOM, jurusan Jurnalistik, semester satu, Nisa Nurazizah mengatakan, konsep PBAK sudah cukup baik, dan kreatif.

“Di PBAK Moderat 2019, mungkin dari pihak panitia bermaksud untuk menyebarkan makna moderat. Sebagai mahasiswa harus bertingdak netral, di tengah-tengah, dan tidak cendurung kanan maupun kiri,” tuturnya.

(Hilyah Afifah)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *