FDIKOM Gelar Penandatanganan MoU dan PKS dengan Asosiasi SAPUHI dan FK KBIH

Suasana Acara Penandatangan MoU dan PKS antara SAPUHI dan FK KBIH dengan FDIKOM UIN Jakarta


Rabu (11/12), Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIKOM) mengadakan Penandatanganan MoU dan Perjanjian Kerja sama (PKS) antara Asosiasi Serikat Penyelenggara Umrah dan Haji Indonesia (SAPUHI) dan Forum Komunikasi (FK) Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH). Agenda tersebut dilaksanakan di Meeting Room lantai dua FDIKOM, dihadiri perwakilan UNISBA, Mabes TNI Angkatan Darat, dan civitas FDIKOM.

Dekan FDIKOM, Suparto, M,Ed., Ph.D menuturkan, kerja sama antara lembaga mitra tersebut sebagai bukti rekognisi atau pengakuan fakultas dengan unsur-unsur diluar perguruan tinggi, kemudian untuk memberikan ruang bagi kampus dan lembaga mitra agar bersinergi melaksanakan program yang dibutuhkan kampus dan masyarakat.

“Secara garis besar isi kerja sama nya yaitu penguatan tri dharma mulai dari penelitian, pengajaran atau pendidikan, dan pengabdian kepada masyarakat,” jelasnya.

Ia menambahkan, dengan adanya kegiatan tersebut, mahasiswa akan mendapatkan banyak manfaat seperti entrepreneurship, intership atau magang. Sehingga, mengasah dan meningkatkan keterampilan profesi dari alumni berbagai studi.

Ketua Umum SAPUHI, Syam Respiadi menuturkan, SAPUHI merupakan asosiasi perkumpulan travel umrah dan haji yang termasuk asosiasi termuda dari yang lain di Indonesia.

“Kalau isi kerjasama lingkupnya terkait pengembangan SDM, pendidikan, dan kerjasama lainnya terkait bidang dengan UIN Jakarta dan SAPUHI. Dengan bekerjasama dengan FDIKOM diharapkan dapat ada peningkatan, terutama di anggota mereka mulai dari pendidikan, pengetahuan, dan kemajuan di SAPUHI,” tutupnya.

Ketua Harian Forum Komunikasi KBIH, Qasim Shaleh menuturkan, forum komunikasi KBIH telah berdiri sejak 5 Mei 2005, dan telah melakukan banyak kerja sama dengan Universitas Islam Negeri (UIN). Secara garis besar, isi dari kerjasama untuk meningkatkan kualitas pembimbing melalui sertifikasi.

“Semoga dengan kerjasama ini dapat membentuk sebuah komunitas pembimbing bersertifikasi dan well educated,” harapnya.

(Chintia Desy Utami)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *