Upaya PPM UIN Jakarta Sukseskan KKN 2020

Perubahan jadwal pembekalan KKN 2020. Sumber foto: instagram @ppm_uinjkt.


Bagi mahasiswa semester akhir, kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) sudah tidak asing lagi ditelinga. Sebelum mengikuti kegiatan tersebut, mahasiswa perlu melakukan serangkaian agenda seperti pendaftaran melalui Academic Information System (AIS), pembekalan KKN, kuliah umum, serta hal lainnya.

Namun, hal tersebut terjadi beberapa kendala yang dihadapi mahasiswa seperti sebagian mahasiswa yang belum terdaftar hingga perubahan jadwal mendadak, seperti pelaksanaan kuliah umum yang seharusnya pada 25 Februari diundur menjadi 11 Maret mendatang. Informasi tersebut diposting melalui akun instagram @ppm_uinjkt pada (24/02) kemarin.

Ketua Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat (PPM) UIN Jakarta, Dr. Kamarusdiana, M.H. menuturkan, KKN 2020 akan terfokus pada peningkatan pendidikan di daerah pelosok yang telah berkoordinasi dengan pihak Pemerintah Daerah (Pemda), Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), dan Pusat Informasi dan Pangkalan Data (Pustipanda) UIN Jakarta.

“Perihal perubahan jadwal kuliah umum yaitu karena sebaiknya dilakukan setelah pembekalan KKN usai, sedangkan perihal sebagian mahasiswa yang belum terdaftar yaitu karena mahasiswa tersebut telat mendaftar,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, hal tersebut akan dilakukan peningkatan sistem komputerisasi supaya lancar dalam proses pendaftaran. Pihak PPM UIN Jakarta kini tengah berupaya yang maksimal agar mensukseskan kegiatan KKN 2020 mendatang, terbukti dengan adanya tiga wilayah baru bagi program KKN reguler dan dua negara baru bagi program KKN internasional yaitu Jepang dan Belanda.

“Terlepas dari kendala yang terjadi, diharapkan mahasiswa dapat saling mengerti dan tidak menuduh pihak PPM UIN Jakarta. Semoga mahasiswa dapat semangat dan mempersiapkan diri dalam hal pengetahuan, pengalaman, mental, fisik, serta finansial,” harapnya.

Mahasiswa Fakultas Adab dan Humaniora (FAH), jurusan Tarjamah, semester enam, Aswadi Aurum Tahir mengatakan, kendala yang dialami saat mendaftar KKN yaitu ketika terdapat pembagian jadwal akses AIS. Dirinya menilai, sistem KKN di UIN Jakarta belum maksimal lantaran masih terdapat mahasiswa yang mengalami kendala seperti belum terdaftar.

“Memang disadari banyak mahasiswa yang tengah berlibur sehingga tertinggal informasi mengenai agenda KKN tersebut,” ungkapnya.

Dirinya berharap, agar pihak PPM UIN Jakarta cermat dalam menentukan jadwal kegiatan KKN dan memperbaiki sistem, akses, serta waktu pendaftaran KKN.

(Falah Aliya)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *