Tingkatkan Kualitas Mahasiswa Melalui Kerja Sama Industri

Dirjendikti tengah memberikan pernyataan terkait peningkatan kualitas mahasiswa. Sumber foto: tribunnews.com


Industri merupakan partner perguruan tinggi untuk menciptakan lulusan mahasiswa yang profesional dan tanggap terkait permasalahn yang terjadi di dunia kerja. Maka, Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (Dirjendikti), Prof. Ir. Nizam, MSC., P.hD. memberikan pernyataan terkait peningkatan kualitas mahasiswa dengan mendorong tiap perguruan tinggi, supaya lebih aktif menjalin kerja sama dengan industri. Hal tersebut berkaitan dengan kebijakan ‘Kampus Merdeka’, yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim.

Mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi (FST), jurusan Kimia, semester enam, Astrid Dwi Indriyani menuturkan, dirinya setuju perihal pernyataan Dirjendikti tersebut karena sebagian besar mahasiswa hanya mendapatkan ilmu di kampus saja.

“Praktik kerja lapangan pun hanya satu bulan dan dirasa ilmunya kurang didapat untuk mempersiapkan diri terjun ke dunia kerja,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, sebaiknya diadakan kerja sama antara pihak kampus dan pihak industri dari arahan dosen sehingga mahasiswa dapat paham dan menerapkannya dalam dunia kerja. Dirinya berpesan, agar mahasiswa mendalami semua ilmu yang tidak hanya ditekuni di kampus, serta aktif di organisasi.

“Hal tersebut tentu membuat perguruan tinggi dapat mencetak mahasiswa yang kompeten, berkualitas, dan profesional,” ujarnya.

Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIKOM), jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), semester dua, Dea Esanda menuturkan, dirinya setuju perihal pentingnya menjalin kerja sama pihak kampus dengan pihak industri, karena dapat memudahkan mahasiswa mempersiapkan diri dalam menghadapi dunia kerja.

“Seharusnya perguruan tinggi mempersiapkan mahasiswa agar sigap dan kompeten, karena mahasiswa butuh pengetahuan yang luas agar memudahkan di dunia kerja. Saya menyayangkan mahasiswa yang hanya belajar di kelas saja dan tidak menjelajahi dunia luar, sehingga kemampuannya terbatas,” ungkapnya.

Dirinya berharap, semoga pihak perguruan tinggi di Indonesia dapat bersinergi dengan pihak industri, sehingga kebijakan yang direncanakan dapat diterapkan dan tidak hanya tulisan belaka.

(Rasya Azzahra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *