Jangan Panik, Kenali Virus Corona Lebih Lanjut

Balamuda, Presiden Joko Widodo telah mengumumkan dua Warga Negara Indonesia (WNI) positif mengidap virus corona (COVID-19). Dua WNI tersebut terdiri dari Ibu (64 tahun) dan anaknya (31 tahun) yang berdomisili di Depok dan saat ini telah dirawat di Rumah Sakit Pusat Penyakit Infeksi Sulianti Suroso.

Virus Corona itu apa, sih?

Dinamakan Corona yang berasal dari Bahasa Yunani yang artinya mahkota, karena bentuknya yang mirip dengan korona/mahkota matahari. Corona atau biasa disebut nCoV adalah singkatan dari Novel Coronavirus, yang merupakan virus jenis baru dari kelompok virus corona yang dapat menyebabkan penyakit pernafasan pada manusia. Contoh virus kelompok Corona lainnya adalah SARS & MERS. Namun dalam sisi lain, World Health Organization (WHO) secara resmi memberi nama virus tersebut dengan sebutan COVID-19.

NCov adalah virus yang berukuran 20-40nm dan tidak dapat berkembang biak tanpa sel inang. Jadi, akan lebih mudah mati jika berada diluar sel dari tubuh ke lingkungan bebas. Batas jangkauan virus tersebut tahan diluar sel maksimal 24 jam dan sangat rentan dengan suhu tinggi. Dilansir dari CNN Indonesia, virus corona dapat bertahan 5 menit hingga 9 hari di benda mati jika benda tersebut tidak langsung dibersihkan.

Lalu kenapa bisa muncul di Wuhan, sih?

Karena Wuhan memiliki pasar khusus yang menjual hewan-hewan seperti kelelawar, ular, dan buaya. Hewan tersebut khususnya kelelawar memiliki virus yang bernama Zoonosis yakni penyakit menular dari hewan vetebrata ke manusia atau sebaliknya. Berdasarkan analisis tim WHO, 99 orang pasien yang terinfeksi rata-rata berumur 55 tahun dan memiliki kontak yang lama dengan pasar di Wuhan.

Berikut tips menarik untuk Balamuda agar terhindar dari virus corona, yaitu :

  1. Mencuci tangan dengan rutin dan benar selama 60 detik. Balamuda dapat menggunakan hand sanitizer anti microbial dengan kandungan alkohol minimal 60% agar lebih efektif.
  2. Jaga dan tingkatkan imunitas tubuh, dengan makan makanan sehat dan olahraga secara teratur.
  3. Hindari kontak dekat dengan orang yang sakit.
  4. Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut.
  5. Tetap di rumah dan istirahat yang cukup.

Tapi, Balamuda jangan panik, ya! Karena tingkat kematian nCoV hanya 2%, termasuk rendah jika dibandingkan dengan MERS yang mencapai hingga 34%. Jadi, nCoV merupakan infectious (menular) namun tidak mematikan. Tetap jaga kesehatan dan pastikan tidak termakan hoaks yang beredar di media sosial ya, Balamuda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *