Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19 di UIN Jakarta

Metode Perkuliahan Jarak Jauh diterapkan mulai 16-29 Maret. Sumber foto: kominikasipraktis.com


Virus Corona atau kerap disebut Corona Virus Disease-19 (Covid-19) telah ditetapkan sebagai pandemi global oleh World Health Organization (WHO). Maka, dalam menanggapi hal tersebut Presiden Jokowi dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengimbau agar seluruh kegiatan pendidikan melalui tatap muka dihentikan.

Hal tersebut juga membuat rektor UIN Jakarta, Prof. Dr. Hj. Amany Lubis, Lc., M.A., dan Dekan Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIKOM), Suparto, M.Ed., Ph.D., bergerak dan membentuk kebijakan melalui Surat Keputusan (SK) atau surat edaran terkait pencegahan penyebaran virus Corona, dengan meminimalisir perkuliahan tatap muka dan diganti menggunakan teknologi yaitu pembelajaran via online. Surat edaran rektor dan dekan tersebut berlaku mulai 16 hingga 29 Maret 2020 mendatang.

Dosen FDIKOM, Kalsum Minangsih, M.A. menuturkan, kebijakan tersebut merupakan hal yang tepat lantaran virus Corona telah mewabah dan memiliki dampak yang besar hingga korban meninggal. Langkah kebijakan yang diambil oleh rektor dan dekan FDIKOM tersebut merupakan suatu sikap peduli terhadap sivitas akademika UIN Jakarta agar terhindar dari virus tersebut.

“Dilaksanakannya pembelajaran online atau kuliah online memang langkah yang terbaik dan efektif dalam upaya pencegahan penyebaran virus tersebut, namun memang memiliki kekurangan yaitu dosen tidak dapat melihat situasi mahasiswa secara langsung,” ungkapnya.

Dirinya menyayangkan, masih terdapat banyak masyarakat yang tidak patuh terhadap imbauan pemerintah perihal tidak melakukan kegiatan di luar rumah kecuali keperluan terdesak. Hal tersebut tentu dapat meminimalisir penularan dan penyebaran virus Corona.

“Upaya kita dalam mencegah virus Corona yaitu harus hindarilah perkumpulan atau keramaian, jaga jarak dengan seseorang sekitar satu meter, gunakan masker ketika sedang tidak fit, selalu cuci tangan, dan gunakan hand sanitizer,” sebutnya.

Dirinya berharap, semoga sivitas akademika UIN Jakarta dapat mematuhi peraturan yang telah dibuat oleh rektor atau pemerintah dengan cara menghindari kontak langsung saat berinteraksi dan virus Corona ini segera teratasi.

(Sitta Sakinatu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *