Virus Corona Mampu Bertahan di Plastik dan Besi Tahan Karat

Balamuda, ilmuwan pemerintah Amerika Serikat (AS) melakukan studi kasus baru dan menemukan fakta, bahwa virus corona dapat bertahan di beberapa permukaan, termasuk plastik dan stainless steel atau besi tahan karat yang mampu bertahan hingga tiga hari, loh!

Sebenarnya, benda apa saja sih yang rentan terindikasi virus corona?

Laboratorium Virologi National Institutes of Health (NIH) di Amerika Serikat (AS) menyatakan, bahan yang paling disukai virus corona adalah stainless steel dan plastik, yang mana virus itu masih dapat dikumpulkan setelah tiga hari, bahkan ada beberapa yang bertahan sedikit lebih lama.

Peneliti menyatakan, Covid-19 juga terbukti dapat bertahan empat jam pada tembaga hingga 24 jam pada karton.

Lalu bagaimana cara penularan Covid-19 lewat benda mati, sih?

Stabilitas virus di udara dan permukaan dapat secara langsung memengaruhi penularan virus. Karena partikel virus perlu bertahan cukup lama setelah dikeluarkan dari satu orang dan disebarkan ke orang lain.

Penelitian membuktikan bawah Covid-19 menyebarkan partikel-partikel virus lewat droplets (dahak) melalui batuk atau bersin. Penularan virus tersebut dapat melalui kontak dekat, antara 1-2 meter dengan seseorang yang terinfeksi.

Covid-19 terdapat dalam jumlah besar di saluran pernapasan pada bagian atas manusia. Kemungkinan menyebar ketika seseorang batuk atau bersin yang menyemprotkan tetesan kecil dan aerosol  ke permukaan. Di sisi lain, penelitian NIH menyampaikan, virus corona bisa melekat pada paket toko online juga kotak ponsel plastik. Namun, diperlukan studi epidemiologis terperinci untuk mengetahui dengan pasti bagaimana virus itu menyebar.

Dikutip dari detik.com, Profesor Mikrobiologi Universitas Georgetown, Julie Fischer mengungkapkan, hal yang seharusnya dilakukan adalah dengan mencuci tangan dan menyadari bahwa orang yang terinfeksi akan sangat mungkin mencemari permukaan. Dirinya menyadari ilmuwan di dunia masih meneliti cara terbaik untuk membunuh Covid-19.

Berikut sedikit ulasan tentang bertahannya virus corona pada benda mati, nih. Sebisa mungkin Balamuda mencegah penularan dengan membersihkan benda-benda sekitar dengan menyiramkan cairan disinfektan. Jadi, kita bisa cegah penularan tersebut mulai dari anggota tubuh hingga benda-benda mati sekitar agar tidak terkena penularan wabah pandemi.

Untuk lebih detail, Balamuda bisa baca infografik pencegahan Covid-19 dibawah ini :

(Rasya Azzahra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *