Kenali Self-talk, Seni Berdialog dengan Diri Sendiri

Berdialog dengan diri sendiri, wajar enggak sih? Sumber foto: kompasiana.com


Balamuda, pernah enggak sih berdialog sama diri sendiri? Kira-kira hal tersebut wajar atau enggak, ya, Balamuda? Eits, jangan salah sangka! Ternyata setiap manusia pernah berdialog dengan diri sendiri, lho. Hal tersebut merupakan bentuk komunikasi yang dinamakan self-talk .

Dikutip dari laman Healthline, self-talk adalah dialog internal pada diri sendiri yang dipengaruhi oleh pikiran bawah sadar dengan mengungkapkan pikiran, pertanyaan, serta gagasan, yang diucapkan dalam hati atau disuarakan secara lantang sehingga menjadi sugesti bagi diri sendiri. Self-talk membantu diri sendiri menjadi lebih sadar dalam berpikir, merasa, dan bertindak, lho, Balamuda.

Nah, Balamuda tahu gak sih jenis self-talk itu ada apa aja?

Dilansir dari Tirto.id, self-talk terdapat dua jenis yaitu self-talk negatif dan positif. Dalam hal negatif, self-talk cenderung kepada pikiran yang bersifat pesimistis, tidak percaya diri, dan mudah menyerah. Namun, Balamuda enggak usah khawatir sebab hal tersebut dapat dihentikan dengan pikiran optimistis, yang disebut sebagai self-talk positif. Hmmm, mengapa demikian, ya?

Diperoleh dari Kompasiana, menurut Robert S. Weinberg, psikolog dari Miami University, seseorang yang memilki self-talk positif tidak akan mudah putus asa, melainkan akan terus berusaha mencapai tujuan dengan menjadikan kegagalan atau kesalahan sebagai pelajaran.

Lantas apa sih manfaat dari self-talk positif?

Menukil dari Tirto.id, dalam sebuah studi yang dihimpun dalam Journal of Personality and Social Psychology, self-talk positif memiliki lima manfaat di antaranya : membantu berdamai dengan situasi yang tidak bisa dikontrol, membantu meredakan stress,  meningkatkan perfomansi diri, menjadi pribadi yang senantiasa beraura positif, serta membantu diri melakukan self-reflection. Wah, keren banget kan, Balamuda!

Selain itu, dengan melakukan self-talk positif, situasi yang ditakutkan akan mudah dilewati. Self-talk positif dapat membantu mencari solusi dengan kepala dingin, juga memberikan efek yang membuat pikiran lebih sehat dan fokus terhadap suatu hal. Penting untuk diingat, sesuatu yang positif akan membuahkan hasil yang positif pula, lho.

Nah, sekarang Balamuda sudah tahukan, berdialog dengan diri sendiri itu hal yang wajar dan diperlukan, terutama untuk kesehatan mental dan pikiran. Yuk, tanamkan self-talk positif dan hindari self-talk negatif ya, Balamuda!

(Diah Ayu)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *