Penggunaan Masker Kain Sebabkan Jerawat? Berikut Penjelasan dan Tipsnya!

Berbagai macam masker kain. Sumber foto: beritabalionline.com


Dalam rangka mengantisipasi penularan Covid-19, penggunaan masker diwajibkan bagi tiap individu ketika melakukan kegiatan di luar rumah. Bahkan, jika Balamuda enggak memakai masker dapat dikenakan sanksi, lho. Namun, Balamuda sadar enggak sih  penggunaan masker juga bisa menyebabkan jerawat di wajah.

Wah kok bisa yaaa? Emang apa sih penyebabnya? Berikut penjelasannya!

Dikutip dari kompas.com, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin RSUD Dr. Moerwadi Surakarta, Dr. dr. Prasetyadi Mawardi, Sp.KK (K), mengungkapkan alasan penggunaan masker memicu datangnya jerawat yaitu diantaranya sebagai berikut!

Pertama, penggunaan masker dalam jangka waktu lama menimbulkan kelembaban di sekitar wajah yang tertutup masker, membuat pori tersumbat dan menimbulkan jerawat. Kedua, tekanan dan gesekan masker pada wajah membuat sistem barrier kulit terganggu, dan merangsang pertumbuhan jerawat. Ketiga, masker kain menyebabkan kulit wajah kering yang memaksa tubuh menghasilkan minyak lebih untuk melumasi kulit, sehingga muncul komedo yang menjadi cikal bakal jerawat. Keempat, sisa deterjen saat mencuci masker kain menyebabkan pori tersumbat dan iritasi kontak, sehingga memunculkan jerawat. Wah, wajib hati-hati nih, Balamuda!

Lalu, bagaimana sih, tips agar kulit wajah tetap mulus dan terlindungi dari penularan Covid-19?

Menurut Ahli dermatologi, pemilik kulit berjerawat disarankan membersihkan wajah dengan sabun yang lembut dua kali sehari. Solusi lainnya, Balamuda bisa menggunakan produk perawatan wajah non-komedogenik atau produk yang cenderung tidak menyumbat pori. Selanjutnya, gunakan tabir surya untuk mencegah perubahan pigmen pemicu bekas jerawat setelah kulit meradang. Kemudian, Balamuda harus hindari asupan tinggi gula dan makanan yang mengandung indeks glikemik tinggi.

Menukil dari halodoc.com, dr. Rizal Fadli menyarankan, hindari masker yang terbuat dari kain seperti poliester karena dapat menahan keringat, dan hindari kain dengan tekstur kasar karena dapat menimbulkan iritasi lho, Balamuda. Lalu, Balamuda tidak boleh menggunakan masker sekali pakai secara berulang kali, dan usahakan membatasi penggunaan masker kain hanya empat jam, setelah itu ganti dengan masker kain lainnya ya, Balamuda!

Ditelusuri dari cnnindonesia.com, jika sudah terlanjur berjerawat, Balamuda disarankan memakai pengobatan peroksida benzoyl di area jerawat dengan konsentrasi 2,5 atau lima persen saja. Lalu, Balamuda juga bisa menggunakan retinol yang dioleskan selama satu malam.

Nah itu dia penjelasannya! sekarang Balamuda udah tau kan penyebab dan tips mengatasi jerawat saat menggunakan masker kain. So, jangan jadikan jerawat sebagai alasan tidak menggunakan masker kain ya, Balamuda! Tetap stay safe dimanapun, dan terapkan protokol kesehatan, serta tips yang udah disebutkan di atas ya, Balamuda!

(Falah Aliya)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *