Raih Tujuan Masa Depan dengan Maksimalkan Potensi Diri

Dr. Reina Latifa M.Psi saat memaparkan materi How To Study Smart.


Fakultas Adab dan Humaniora (FAH), Prodi Sastra Inggris berhasil menggelar Online Studium Generale dengan mengusung tema “How To Study Smart”, pada Rabu (30/09), melalui Zoom Meeting dan diisi oleh Kepala Prodi (Kaprodi) Ilmu Psikologi, Fakultas Psikologi (FPsi) UIN Jakarta, Dr. Rena Latifa, M.Psi., Psi. Acara tersebut bertujuan memberikan kesempatan bagi seluruh mahasiswa UIN Jakarta, agar mengetahui strategi belajar sekaligus mencapai tujuan secara cerdas, aktif dan kreatif.

Kepala Prodi (Kaprodi) Ilmu Psikologi, Fakultas Psikologi (FPsi) UIN Jakarta, Dr. Rena Latifa, M.Psi., Psi., mengatakan, tujuan untuk masa depan harus segera direncanakan secara matang dan baik bagi mahasiswa. Jika sebuah mimpi atau tujuan telah direncanakan, maka arah langkah menggapai akan lebih mudah berhasil. Mengetahui kemampuan dalam diri pun juga salah satu hal yang akan membantu diri sendiri menghadapi tantangan.

“Kita harus fokus dengan tujuan yang ingin dicapai, jangan sampai fokus terbagi ke banyak hal. Dengan memfokuskan diri kepada satu hal, maka proses dan rencana yang ada akan maksimal untuk dilakukan. Tentukanlah suatu tujuan secara spesifik, sehingga kita tahu secara jelas apa yang ingin dicapai nantinya,” ujarnya.

Dirinya mengatakan, langkah awal agar dapat menjadi mahasiswa yang sukses yaitu menentukan tujuan atas kemauan diri sendiri tanpa mengikuti kemauan orang lain. Mulailah menggambarkan mimpi atau tujuan apa yang ingin dicapai ke depannya. Jika impian atau tujuan telah ada, semangat dalam melalui proses dan menghadapi tantangan akan lebih mudah untuk dilakukan.

“Dengan mempunyai tujuan, maka mahasiswa akan tahu masa depan yang diinginkan. Jika tidak tahu apa tujuan dan mimpi kedepannya, maka perlu dilakukan setting mind. Mulailah mengenal diri sendiri, seperti apa passion di dalam diri, dan memiliki visualisasi masa depan, sehingga dalam merencakan suatu tujuan akan mudah,” jelasnya.

Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIKOM), jurusan Pengembangan Masyarakat Islam (PMI), semester lima, Muhammad Raihan mengatakan, acara tersebut, membantu mahasiswa dalam memulai langkah awal menggapai satu tujuan, karena ketika sudah berada di tahap mahasiswa, memiliki tujuan dan mimpi untuk masa depan adalah hal penting untuk direncanakan saat ini.

“Proses mengenali diri dalam rangka mencari passion yang ada merupakan suatu hal yang wajib dilakukan. Karena ketika passion sudah diketahui, arah jalan menuju masa depan akan mudah terfokus, dan langkah-langkah yang direncanakan pun semakin matang dan jelas,” ungkapnya.

(Rasya Azzahra)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *