Inaugurasi POSTAR 2020 Angkatan Valerie Fidelium Sukses Digelar

Cuplikan Inaugurasi POSTAR 2020 dari elemen Tari Tradisonal yaitu Ratoeh Jaroe asal Aceh. Sumber foto: YouTube POSTAR UIN Jakarta


Pojok Seni Tarbiyah (POSTAR) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Jakarta sukses melaksanakan Inaugurasi POSTAR 2020 Angkatan Valerie Fidelium dengan mengusung tema “Berkreasi dalam Ragam Ukiran Seni”, pada Sabtu (28/11) melalui live streaming di kanal YouTube POSTAR UIN Jakarta.

POSTAR UIN Jakarta menampilkan berbagai macam pentas seni tradisional maupun modern, dimulai dari Karawitan Jawa, tari tradisional Tor Tor dari Sumatera Utara, Paduan Suara Mahasiswa (PSM) FITK, Degung Sunda Tarbiyah, Tarbiyah Marawis Club, kemudian dilanjut kembali dengan tari tradisional Ratoeh Jaroe dari Aceh, serta dihadiri Lingkar Sastra Tarbiyah yang membacakan puisi W.S Rendra berjudul Demi Orang-orang Rangkas Bitung, dan terakhir ditutup dengan penampilan Band Postar.

Organizing Committee (OC) Inaugurasi POSTAR 2020, Rizqyah Ananda Bagustian mengatakan, inaugurasi merupakan agenda wajib POSTAR setiap tahunnya, dan kini dilaksanakan oleh angkatan Valerie Fidelium yang artinya kuat dan setia. Tema “Berkreasi dalam Ragam Ukiran Seni” memiliki makna representasi POSTAR angkatan Valerie Fidelium yang dapat berkreasi dengan seni yang dituangkan dalam cara beragam.

“Inti dari penampilan ini mengajak kita untuk terus berbudaya dengan budaya modern, namun tidak melupakan budaya tradisional yaitu budaya daerah. Semoga teman-teman Valerie Fidelium selalu kuat menjalani segala rintangan, dan selalu setia dengan teman sebaya maupun senior-senior lainnya,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, bagi teman-teman Valerie Fidelium yang baru saja melaksanakan inaugurasi agar terus semangat, jangan mudah bosan, jangan mudah puas dan selalu berlatih kapanpun dan dimanapun. Setelah adanya inaugurasi ini, semoga teman-teman POSTAR selalu aktif dalam berorganisasi dan berkarya. Inaugurasi adalah awal dari perjuangan kita untuk terus berkarya dalam budaya modern serta tradisional.

Master of Ceremony (MC) Inaugurasi POSTAR 2020, Sangkan Made Bagus Pratama menjelaskan, POSTAR merupakan Lembaga Otonom (LO) di bawah naungan FITK UIN Jakarta. POSTAR memiliki tujuh elemen di dalamnya yaitu, Karawitan Jawa, Tari Tradisional, PSM FITK, Degung Sunda Tarbiyah, Tarbiyah Marawis Club, Lingkar Sastra Tarbiyah, dan Band.

“POSTAR adalah satu-satunya organisasi di UIN Jakarta yang memiliki kesenian tradisional dan modern. Semoga saja pementasan POSTAR ini bisa jadi pembelajaran anggota muda POSTAR 2020 Valerie Fidelium dan juga dapat menambah wawasan seni bagi para penikmat POSTAR,” tutupnya.

(Sitta Sakinatu)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *