Pemerintah Diharapkan Lakukan Distribusi Vaksin Secara Merata dan Terstruktur

Potret Pihak yang Membantu Membawa Vaksin dalam Proses Pendistribusian. Sumber: cnnindonesia.com


Pendistribusian vaksin yang akan dilakukan pemerintah terhadap setiap masyarakat Indonesia, akan segera diberikan secara gratis, namun hal tersebut juga menimbulkan berbagai komentar masyarakat mengenai keharusan pemerintah dalam mempersiapkan pendistribusian dengan baik, agar dapat berjalan dengan lancar dan terstruktur, sehingga vaksin dapat diterima oleh setiap masyarakat Indonesia secara adil dan menyeluruh. Lantas, apa saja yang harus dipersiapkan pemerintah dalam pendistribusian vaksin tersebut?

Salah satu tenaga kesehatan, bidang keperawatan, Eko Harmanto menjelaskan, transportasi dan ketersedian penyimpanan dingin vaksin termasuk ke dalam faktor penting dalam pendistribusian vaksin tersebut. Pemerintah harus menyiapkan transportasi dengan baik dan aman, sehingga kualitas vaksin tetap terjaga dengan baik dan sampai kepada masyarakat, khususnya bagi masyarakat di daerah.

“Vaksin itu adalah produk biologis yang sangat rentan pada perubahan suhu, sehingga diperlukan transportasi dan kapasitas penyimpanan dingin yang baik. Yang tidak kalah penting yaitu Sumber Daya Manusia (SDM) dari tenaga kesehatannya, harus disiapkan dalam melakukan vaksinasi terhadap banyaknya masyarakat. Sehingga tidak ada kejadian kekurangan SDM tenaga kesehatan dalam proses vaksinasi kepada masyarakat, maupun kericuhan saat proses vaksinasi berlangsung,” jelasnya.

Dirinya menuturkan, masyarakat merupakan prioritas tertinggi pemerintah, sehingga distribusi vaksin harus dilakukan secara menyeluruh dan adil. Setiap masyarakat Indonesia memiliki haknya untuk diberikan vaksin, apalagi pemerintah juga telah mengumumkan vaksin akan diberikan secara gratis. Maka, pemerintah pun juga harus menjalankannya dengan terstruktur dan merata.

“Pemerintah harus mengadakan rencana secara matang dalam hal pendistribusian, sehingga vaksin tersebut sampai ke masyarakat secara langsung, khususnya daerah-daerah yang sulit terjangkau. Setiap masyarakat indonesia mendapatkan haknya sebagai warga negara indonesia. Intinya keselamatan masyarakat adalah prioritas pemerintah nomor satu,” tuturnya.

Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIKOM), Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam (PMI), semester lima, Muhammad Raihan mengatakan, masyarakat saat ini membutuhkan kesiapan pemerintah dalam proses distribusi vaksin tersebut. Mengingat terkadang masalah distribusi yang dilakukan pemerintah seringkali tidak terjangkau pada daerah-daerah.

“Masalah yang seringkali ditemui setiap adanya distribusi adalah jangkauan wilayah daerah-daerah yang memang agak sulit untuk didatangi, sehingga diperlukan kesiapan yang matang, seperti diketahuinya kondisi wilayah atau jalanannya, apakah dapat dimasuki oleh kendaraan besar atau tidak, lalu puskesmas atau tempat dilakukannya vaksin. Pada intinya kesiapan pemerintah dalam mendistribusikan secara adil dan menyeluruh merupakan poin penting,” ujarnya.

Dirinya berharap, agar pemerintah lebih mempersiapkan rencana distribusi dengan matang, karena dengan dilakukannya pendistribusian vaksin secara adil dan terstruktur, masyarakat pun juga merasakan haknya sebagai warga negara. Apalagi hal ini menyangkut juga tentang kesehatan mereka sebagai masyarakat, sehingga dapat melakukan aktivitas secara normal kembali.

(Rasya Azzahra)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *