Kemendikbud Segera Buka Program Kampus Mengajar Angkatan Kedua

Ilustrasi saat mahasiswa melakukan program Kampus Mengajar. Sumber foto: republika.co.id


Kementerian Pendidkan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengumumkan akan membuka kembali pendaftaran Program Mengajar Angkatan Kedua mulai Juni 2021 mendatang. Program mengajar tersebut diluncurkan guna menggerakan mahasiswa tingkat akhir dalam membantu siswa Sekolah Dasar (SD) di daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, Terluar) untuk belajar di masa pandemi. Fokus Kemendikbud pada materi angkatan kedua tersebut adalah literasi sains dan matematika.

Mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiah dan Keguruan (FITK) sekaligus relawan Taman Baca Cerdondeso sekaligus Aura Nur Az Zahra mengungkapkan, tantangan yang dihadapi dalam melakukan program mengajar tentu sangat berat, ditambah masa pandemi yang saat ini masih berlangsung.

“Saya prihatin dengan keadaan, karena seharusnya pengajaran dapat dilakukan secara langsung di lapangan, tetapi terhalang bahkan tertunda. Sehingga, pengajaran secara virtual membuat anak-anak merasa bosan. Hal tersebut pun menjadi tantangan saya untuk menunjukan kreatifitas terhadap program mengajar tersebut” ungkapnya.

Dirinya menambahkan, bukan hanya anak-anak 3T rupanya yang harus dilihat, bahkan di perkotaan masih banyak yang kesulitaan belajar di masa pandemi, sehingga harus ada bimbingan. Karena, tidak semua anak bisa mengikuti Pembelajaraan Jarak Jauh (PJJ) dengan baik

Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, jurusan Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI), semester empat, Arina Mayang Fauna menuturkan, konsep dasar dari program Kampus Mengajar yang dijalankan Kemendikbud, pasti melibatkan mahasiswa dari berbagai daerah.

“Adapun syarat utama dari program tersebut yaitu harus siap memberikan kontribusi nyata bagi pendidikan Indonesia, terutama dengan segala keterbatasan di masa pandemi yang sampai saat ini masih berlanjut,” tuturnya

(Luya Alawiya)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *