Vaksin Tahap ke-66 dari Pemerintah AS Tiba di Indonesia

Kedatangan vaksin Covid-19 di Bandara Soekarno-Hatta.


Indonesia kembali kedatangan vaksin Covid-19 tahap ke-66. Hal tersebut, disiarkan langsung melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (17/9). Jutaan dosis vaksin yang tiba di Bandara Soekarno-Hatta tersebut, merupakan dukungan dose sharing vaksin Pfizer dari pemerintah Amerika Serikat (AS).

Menteri Luar Negeri (Menlu), Retno L P Marsudi mengatakan, tibanya vaksin dalam rangka dose sharing merupakan bukti kuatnya kemitraan Indonesia dengan AS, dan wujud komitmen dari seluruh negara untuk terus berkolaborasi menghadapi pandemi.

“Indonesia menerima bantuan vaksin Pfizer sebanyak 2.632.500 dosis dari AS. Masing-masing dikirim melalui dua tahap, yaitu pada 16 September sebesar 877.500 dosis dan pada 17 September 1.755.000 dosis. Pengiriman ini merupakan bagian dari 4.644.900 dosis tambahan melalui dose sharing yang diberikan pemerintahan AS,” ujarnya.

Mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes), jurusan Farmasi, semester sepuluh, Husni Ovia Wulandari menyebut, vaksin memiliki pengaruh yang besar terhadap penanganan Covid-19 di Indonesia. Walaupun tidak 100 persen menangkal Covid-19, namun vaksin dapat mencegah paparan virus. Sehingga, dapat meminimalisir angka pasien Covid-19.

“Bersyukur supply vaksin sudah sampai ke tahap 66, karena dapat meningkatkan kebutuhan vaksin masyarakat yang belum merata dan juga dapat mengurangi pasien Covid-19,” pungkasnya.

Dirinya menambahkan, diharapkan seluruh warga Indonesia memanfaatkan dengan baik fasilitas berupa vaksin Covid-19 tersebut, agar dapat melindungi diri dan keluarga. Sehingga, pandemi dapat segera berakhir dan masyarakat yang terdampak dapat pulih kembali baik dari segi ekonomi dan juga kesehatan.

(Delima Luzen Ahmad)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *