Ciptakan Rasa Keadilan dan Demokrasi dalam Pembangunan Nasional

Rektor UIN Jakarta, Prof. Dr. Hj. Amany Lubis, Lc., M.A., saat acara berlangsung


Pada Jumat (15/10), Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Ilmu Hukum, UIN Jakarta menggelar studium general yang bertemakan, “Manifestasi Keadilan dan Demokrasi dalam Pembangunan Nasional” yang didukung oleh Mahkamah Agung RI, dengan digelar melalui Zoom.

Kepala Bagian Peraturan Perundang-Undangan Biro Hukum dan Humas Mahkamah Agung, Dr. Andi Julia Cakrawala S.T., S.H., M.T., M.H., menyampaikan, pembangunan nasional adalah  pembangunan dari, oleh, dan untuk rakyat pada semua aspek kehidupan bangsa yang meliputi aspek politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan dan keamanan, serta hukum.

“Pembangunan nasional diarahkan untuk mencapai kemajuan kesejahteraan lahir dan batin, termasuk terpenuhinya rasa aman, tentram, dan keadilan, serta terjaminnya kebebasan berpendapat yang bertanggung jawab bagi seluruh rakyat. Sesuai nilai-nilai dalam sila Pancasila, pembangunan nasional adalah asas demokrasi pancasila, serta asas adil dan beradab,” ujarnya.

Dirinya menambahkan, asas demokrasi pancasila berarti pembangunan nasional dilakukan dengan semangat kekeluargaan yang bercirikan kebersamaan, gotong royong, persatuan dan kesatuan melalui musyarawah atau mufakat.

Rektor UIN Jakarta, Prof. Dr. Hj. Amany Lubis, Lc., M.A., mengatakan, keadilan adalah cita rasa yang harus dikembangkan terus-menerus. Tidak bisa jika sekarang memiliki rasa keadilan tinggi, tetapi di suatu masa hal itu dikalahkan dengan berbagai kondisi. Seseorang yang konsisten, memiliki komitmen yang tinggi terhadap keadilan dalam kondisi apapun.

“Dalam kondisi pandemi terkadang keadilan terkalahkan oleh kebutuhan, tetapi keadilan tersebut harus dikedepankan. Keadilan memiliki kaitan yang erat dalam membangun bangsa Indonesia, sehingga dalam pembangunan harus dikedepankan keadilan,” pungkasnya.

(Delima Luzen Ahmad)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *