Hari Konvensi Ikan Paus: Upayakan Pencegahan Perburuan Paus di Dunia

Ikan paus. Sumber foto: nationalgeographic.grid.id


Hari Konvensi Ikan Paus diperingati pada 2 Desember setiap tahunnya. Peringatan tersebut, telah ditandatangani pada International Convention for the Regulation of Whaling (ICRW) atau yang sering disebut dengan konvensi internasional, untuk peraturan perburuan paus di Washington D.C  sejak tahun 1946. Namun, hingga saat ini paus masih dijadikan buruan bagi para nelayan.

Ketua Umum Kelompok Pencinta Alam ARKADIA, Muh. Kamil Amirullah mengatakan, perburuan yang masih terjadi di berbagai negara merupakan hal miris atas perbuatan dari pihak tidak bertanggung jawab. Maka, perlu adanya penegasan lebih intens yang dilakukan setiap negara, meskipun hal tersebut telah diatur pada konferensi cities pada tahun 2002.

“Maraknya perburuan hiu paus perlu ditindaklanjuti, agar perburuan tersebut tidak terus terulang. Bukan hanya mengeluarkan beberapa peraturan, akan tetapi pemerintah perlu melakukan evaluasi dan sosialisasi terhadap para nelayan. Karena jika hiu paus tersebut punah,  tentu akan berdampak pada peran ekologis ekosistem dan keseimbangan laut,” ungkapnya.

Salah satu masyarakat yang peduli akan ekositem laut, Farkhan mengungkapkan, perlu adanya edukasi yang diberikan pada masyarakat, terkhusus pada nelayan untuk segera menghentikan perburuan paus. Dengan begitu, tentu masyarakat akan lebih sadar dalam menjaga kelestarian berbagai spesies yang hampir puna.

“Anak bangsa memiliki peran penting dalam mengkampanyekan urgensi dari kepunahan hiu paus. Hal tersebut, dapat dilakukan dengan mulai menanamkan diri dalam bentuk kecil semisal menjaga lingkungan, hanya sekedar tidak membuang sampah sembarang akan tetapi hal tersebut dapat berdampak besar pada ekosistem yang ada di perairan,” tutupnya.

(Juva Salma Chotika)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *