HMJ Perbankan Syariah Sadarkan Peran SDM Berkualitas Lewat Studium General

Kemajuan teknologi  membuat peran manusia mulai tersisihkan. Lalu, bagaimana Sumber Daya Manusia (SDM) agar tak kalah saing oleh kemjuan teknologi yang ada? Melihat hal itu, Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Perbankan Syariah, menyelanggarakan studium general bertema “Be Smart Generation”. Acara ini dibuat untuk memberikan bekal mahasiswa agar mampu bersaing di dunia kerja kedepannya.

Pengisi materi dalam acara tersebut, Ahmad Subagyo memaparkan, dalam rangkaian acara ini, ia  membahas beberapa sub materi, di antaranya adalah permasalahan ekonomi dan social, rencana strategi regulator, financial inclusion, e-money, mobile banking, dan terakhir financial technology (fintech). Selain memberikan materi, Ahmad Subagyo juga, menyikapi terkait permasalahan ekonomi yang ada di Indonesia dalam pandangannya. “Saya juga menantang mahasiswa untuk lebih peka terhadap permasalahan yang ada,” terangnya. Di acara ini juga, selain membahas 6 sub topik tersebut, ia memberikan saran solusi-solusi untuk mahasiswa agar mampu berjuang untuk kedepannya.

Ketua Pelaksana, Ari Saputra menjelaskan, latar belakang dilaksanakan acara ini adalah dirinya melihat kemajuan teknologi saat ini sudah semakin pesat, sehingga banyak sektor-sektor industri saat ini sudah mengganti pekerja SDM dengan mesin. “Di tempat seperti gerbang tol, sudah mengganti sistem menjadi e-money, lalu di supermarket saat ini sistem kasir sudah mulai tegantikan oleh sistem by phone, di mana para perbankan sudah menggunakan mobile banking untuk bertransaksi,” terangnya. Ari juga mengungkapkan, tujuan dari acara ini adalah agar mahasiswa bisa tahu dan mengerti, serta terakhir mampu bersaing di dunia kerja nantinnya. Dirinya menuturkan, acara ini merupakan program kerja (proker) HMJ Perbankan Syariah. “Kemudian karena tujuan ini berkaitan dengan prodi perbankan syariah, maka HMJ dan prodi bekerjasama menyelenggarakan acara ini,” ungkapnya. Dalam harapanny, ari menyampaikan, agar SDM perbankan mampu berjuang nantinya, dan tidak kalah saing dengan SDM di luar jurusan perbankan syariah.

(Anggara Purissta)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *