Prodi Jurnalistik Suguhkan Cerita Masyarakat Lewat Pameran “Udar Rasa”

Pameran foto jurnalistik kembali digelar tahun ini oleh mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (Fdikom), program studi (prodi) Jurnalistik, angkatan 2015. Setelah sebelumnya sempat absen di tahun 2017, maka kini hadir kembali dengan tema Udar Rasa atau ungkap rasa yakni ekspresi kehidupan yang ditampilkan oleh manusia dengan segala dinamikanya. Pameran foto ini berlangsung mulai Senin-Jumat (23-27/4), dan dibuka pada pukul 08.00 sampai 17.00 di Aula Madya lantai satu UIN Jakarta.

Ketua pelaksana pameran, Faisal Akbar menjelaskan, pameran foto jurnalistik adalah kegiatan yang turun temurun selalu diadakan oleh mahasiswa jurnalistik dari tahun ke tahunnya. Pameran ini biasanya selalu diadakan setelah melaksanakan UAS mata kuliah fotografi jurnalistik. “Tetapi di tahun kemarin sempat absen karena kurangnya persiapan sehingga tidak mendapatkan tempat yang sesuai untuk menyelenggarakan pameran foto. Pameran ini menjadi wadah untuk mahasiswa jurnalistik  menunjukan hasil foto yang didapatkan setelah mempelajari teknik-teknik foto jurnalistik di kelas,” ungkapnya. Faisal menambahkan, foto-fotonya pun beragam dan semuanya bertipe stories. Menurutnya, pameran foto seperti ini memang seharusnya rutin dilaksanakan selain untuk mengasah kemampuan calon jurnalis juga untuk memacu kita untuk terus berkarya.

Mahasiswa Fdikom, prodi Jurnalistik, Hardi Yuantoro menuturkan, acara seperti ini termasuk acara angkatan, karena seluruh mahasiswa jurnalistik angkatan 2015 yang mengambil mata kuliah fotografi jurnalistik berperan dalam berjalannya acara ini. “Hasil jepretan yang dipamerkan pun semuanya hasil dari tangan kami. Selain sebagai wadah untuk menunjukkan karya, acara seperti ini juga menambah keakraban serta solidaritas angkatan 2015,” ujarnya. Hardi berharap, acara seperti ini sudah menjadi budaya dalam jurnalistik, maka akan baik jika tidak terputus dan  terus diadakan untuk generasi berikutnya. “Karena selain bermanfaat untuk mahasiswa jurnalistik, pameran seperti ini juga bisa menambah semangat untuk terus berkarya,” katanya.

(Galuh Alisha)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *