HMJ Ekonomi Pembangunan Lakukan Survei Peminat Karya Tulis Ilmiah

Guna menumbuhkan kembali minat mahasiswa terhadap karya tulis ilmiah (KTI), Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Ekonomi Pembangunan (EP) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UIN Jakarta mengadakan survei yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peminat KTI. Survei ini diadakan, karena HMJ EP ingin mengadakan lomba KTI. Namun, bagaimana jika hasil survei di luar pekiraan, di mana mahasiswa tidak banyak yang berminat dengan KTI, lalu apakah hal ini akan menghambat pengadaan lomba.

Ketua pelaksana, Reza Eka Putra memaparkan, ada rencana dari HMJ EP untuk mengadakan lomba. Namun, dirinya masih melihat terkait peminat mengenai KTI. Dirinya menjelaskan, kegiatan ini merupakan inisiasi pengurus HMJ EP 2018. Terkait survei tersebut, HMJ EP sendiri akan tetap melaksana lomba tersebut, meski jika nantinya hasil survei di luar harapan. “Mungkin akan menggunakan strategi agar dapat menarik minat mahasiswa terkait hal ini. Di antara strategi mungkin akan mengadakan pelatihan KTI, agar dapat memfasilitasi dan menumbuhkan minat mahasiswa dalam menulis ilmiah,” jelasnya. Reza menuturkan, ada banyak cara mahasiswa dalam menunjukkan seberapa peduli terhadap desa, kota ataupun negara, tetapi dirinya menyayangkan ada yang terlupakan dari mahasiswa zaman sekarang yaitu menulis. “Sebagai insan yang intelektual sudah seharusnya mahasiswa menumbuhkan budaya menulis, sebab dengan menulis, mahasiswa dapat mengubah kondisi, cara pandang seseorang, atau bahkan dapat menimbulkan inovasi yang bisa memajukan Indonesia,” tutupnya.

Mahasiswa jurusan Jurnalistik semeseter dua, Fajri Hidayat mengungkapkan, survei tersebut merupakan gerakan bagus, sebab untuk mengetahui minat ke setiap orang itu tidaklah mudah. “Namun, dengan hanya survei online tersebut, kita sudah bisa tahu bagaimana peminat KTI sejauh ini dengan mudah,” ujarnya. Mahasiswa yang juga hobi menulis ini menuturkan, terkait lomba yang mungkin akan diadakan itu cukup menarik, sebab sebagai mahasiswa juga perlu wadah untuk berkarya, terlebih KTI merupakan salah satu karya yang dapat menumbuhkan inovasi mahasiswa. “Semoga mahasiswa khususnya bisa berinovasi melalui karya-karya yang ada, salah satunya adalah KTI,” tutupnya.

(Anggara Purissta)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *