LP2M Beri Pembekalan Bagi Mahasiswa Sebelum KKN

Dalam rangka memberikan arahan dan pembekalan kepada calon mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN), Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat (LP2M) UIN Jakarta, menyelnggaran pembekalan bagi calon mahasiswa yang akan menghadapi KKN. Acara ini diselenggarakan di Auditorium Harun Nasution, mulai Senin-Jumat (23-27/4).

Dalam acaranya, pemateri memberikan metode-metode mengenai KKN, di mana terdapat lima metode yang bisa diterapkan saat KKN, yaitu discovery, dream, design, define, destiny. Discovery memiliki arti di mana mahasiswa harus mampu menemukan kembali kekuatan yang ada dalam masyarakat. Dream, mahasiswa mengajak masyarakat untuk membayangkan mimpinya. Design, segala impian harus memiliki perencanaaan atau unsur-unsur yang harus dilaksanakan. “Define, mahasiswa dan masyarakat menggalangkan kekuatan yang ada untuk mewujudkan mimpinya dan destiny melaksanakan apa yang harus benar-benar dilaksankan,” jelasnya. Di sini juga pemateri memberika edukasi, di mana program kerja (proker) yang sering  dibuat, kebanyakan mahasiswa masih salah mengartikan, di mana seharusnya proker merupakan program besar dari mahasiswa, bukan kegiatannya. “Sebab proker adalah program yang harus dijalankan bersamaan kegiatan yang ada,” ujarnya. Dalam pesannya pemateri memberikan informasi terkait mahasiswa yang tidak mengikuti pembekalan, di mana mereka akan diberikan pengurangan nilai sebanyak 15 persen.

Mahasiswa jurusan Teknik Informatika (TI) Fakultas Sains dan Teknologi (FST) semester enam, Mukhtarizal mengungkapkan, pembekalan cukup bagus dan membantu. “Sebab kita dalam pembekalan ini disuguhkan sangat menarik, baik dalam penyampaian isi, maupaun pembawaan materi,” ujarnya. Ia berharap, KKN tahun ini lancar tanpa hambatan.

(Anggara Purissta)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *