PSGA UIN Jakarta Peringati Milad dan Hari Kartini Lewat Seminar Kesehatan

Memperingati milad UIN Jakarta yang ke-61, sekaligus memperingati Hari Kartini, Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) UIN Jakarta mengadakan seminar kesehatan reproduksi. Mengusung tema, “Meningkatkan Kualitas Kesehatan Reproduksi: Peduli Terhadap Penyakit Kanker, Pencegahan, Deteksi Dini dan Penanganannya”, bertempat di Ruang Diorama, Rabu (25/4). Acara ini diisi dengan narasumber dr. Hasra Dianika SP.Og serta dihadiri sekitar 50 peserta, yang terdiri dari mahasiswa dan dosen.

Hasra Dianika SP.Og mengungkapkan, melalui milad UIN Jakarta yang ke-61, serta sebagai perempuan, dirinya ingin meningkatkan kualitas hidup perempuan, dengan cara meningkatkan kesehatan reproduksi. Menurutnya, yang sangat ditakuti adalah penyakit kanker serviks, karena sudah diteliti, angka kematian dari penyakit ini terbilang cukup tinggi dan angka terjangkitnya pun cukup banyak. “Kesadaran perempuan di Indonesia masih kurang akan hal ini. Untuk itu, dengan adanya seminar, screening seperti papsmear, diharapkan mampu menekan angka terjangkitnya kanker serviks yang ada di Indonesia,” paparnya. Ia berpesan, agar selalu menjunjung pola hidup sehat, dan melakukan vaksin human papilloma virus (HPV), serta lebih peduli terhadap penyakit kanker serviks.

Mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK), jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) semester dua, Ade Irma Febriyanti menuturkan, alasan mengikuti seminar kesehatan sebab ingin mengetahui fenomena kanker serviks di Indonesia sudah sejauh mana, dan perkembangannya. “Karena sejujurnya saya sangat awam terhadap penyakit kanker serviks. Semoga perempuan tidak lagi apatis terhadap info atau seminar kesehatan seperti ini,” ujarnya.

(Shifa Ubaisilfa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *