Udar Rasa Ajak Eksplorasi Lingkungan Lewat Fotografi

Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (Fdikom), jurusan Jurnalistik telah mengadakan seminar fotografi dengan tema foto cerita untuk merespons lingkungan sekitar. Seminar ini diadakan Jumat (27/4) di Aula Madya lantai satu. Seminar ini sekaligus menjadi penutup, dari pameran foto mahasiswa jurnalistik semester lima dengan tema “Udar Rasa” yang berlangsung sejak Senin (23/4). Seminar dan pameran foto ini terbuka untuk umum.

Narasumber dalam seminar ini, Wisnu Agung Prasetyo mengatakan tidak perlu jauh-jauh, atau menunggu peristiwa besar untuk mengambil foto dengan momen yang bermakna. Namun, dengan menggali lingkungan sekitar akan membuat siapa pun menjadi lebih peka, serta mengerti dengan apa yang ada di sekitarnya yang belum diketahui, dan akan membuat foto yang diambil menjadi bermakna. “Selain itu, dengan melihat lingkungan sekitar, akan jauh lebih efisien. Mulai dari segi biaya, waktu, tenaga dan pikiran,” ujarnya.

Lelaki yang bekerja sebagai fotografer di Beritagar.id, juga mengungkapkan, kerjakan tema yang disukai. Maka akan ada semangat dalam mengerjakannya. “Begitu juga dengan fotografi, dengan mengambil foto dengan momen yang disukai, maka foto tersebut akan lebih memiliki jiwa tersendiri,” terangnya. Menurut Wisnu, hal ini bisa dilakukan, sebelum menjalani pekerjaan yang menuntut.

Ketua pelaksana, Faisal Akbar mengungkapkan, alasan dari diadakannya seminar ini karena di setiap pameran foto pada umumnya selalu ada seminar sebagai penutupny. Pameran dan seminar ini juga sebagai ajang pembuktian dari tantangan fotografi yang ada saat ini, dan juga memberikan edukasi tentang fotografi kepada pengunjung. Mahasiswa semester enam ini juga menjelaskan, pemilihan narasumber ini berdasarkan rekomendasi dari salah satu dosen. “Karena Wisnu sebagai narasumber, dirasa memiliki jam terbang dan kemampuan yang mumpuni,” ujarnya.

Menurut Faisal, banyak orang yang sangat antusias dalam mengikuti seminar maupun pameran foto. “Ini karena, acara dibuka untuk umum dan gratis. Jadi bukan hanya mahasiswa saja yang datang namun, dari masyarkat umum juga banyak yang hadir, untuk menikmati, berbagi dan mendapatkan ilmu baru tentunya,” paparnya. Faisal berharap, dari acara ini, peserta yang datang bisa lebih peka dengan lingkungan, ini sesuai dengan tema yang diusung. Selain itu, setiap orang pasti memiliki cara tersendiri dalam mengambil foto. “Semoga dengan mengikuti acara ini, peserta bisa lebih mahir dalam memilih sudut pandang atau isu apa yang bisa diambil, agar nantinya foto yang dihasilkan dapat ditampilkan ke khayalak,” tutupnya.

(Alya Safira)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *