Jadi “Bujang Dara”, Mahasiswa Manajemen Dakwah Wakili Indragiri Hilir, Riau

UIN Jakarta patut berbangga diri. Kembali berprestasi, kali ini mahasiswa dari Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (Fdikom), jurusan Manajemen Dakwah (MD), berhasil menyabet juara sebagai Bujang Dara Kabupaten Indragiri Hilir, Riau. Kompetisi ini berlangsung pada 27 sampai 30 Juli lalu.

Pemenang lomba, mahasiswa Fdikom, jurusan MD semester lima, Muhammad Cahyadi Rustam mengungkapkan, kegiatan ini terdiri dari tiga kategori, yaitu anak-anak, remaja dan dewasa. Namun, hanya kategori dewasa yang sampai ke tingkat provinsi. Ia mengatakan, dirinya mengetahui kegiatan ini dari temannya yang telah mendaftar lebih dahulu. Cahyadi menjelaskan, tidak ada seleksi dalam kegiatan ini. “Siapapun bisa mengikuti kegiatan ini. Walaupun tidak berasal dari daerah tersebut, asalkan peserta yang mengikuti kegiatan ini memahami makna dari Bujang Dara, maka diperkenankan untuk mendaftar,” ujarnya.

Cahyadi mengatakan, ia akan mengemban jabatan atau tugas sebagai Bujang Dara selama satu tahun, sampai nanti pemilihan Bujang Dara 2019. “Tujuan pemilihan Bujang Dara Indragiri Hilir Riau ini adalah sebagai ikon Duta Pariwisata yang nantinya dapat mempromosikan segala pariwisata dan kearifan lokal  yang ada di daerah masing-masing,” paparnya.  Ia melanjutkan, sehingga ketika terpilih menjadi Bujang Dara, maka  ia memiliki tugas bersama-sama dengan pemerintah untuk dapat mempromosikan pariwisata yang ada di daerah tersebut.

Cahyadi menambahkan, alasannya ingin mengikuti kegiatan ini adalah untuk membanggakan kedua orang tua dan ingin berkontribusi untuk kemajuan kampung halaman khususnya di bidang pariwisata. Ia mengatakan, setelah masuk kuliah nanti, ia akan tetap menjalankan tugasnya sebagai Bujang Dara Indragiri Hilir Riau dengan cara mempromosikan daerahnya kepada teman-teman, yang sama sekali belum tau tentang daerahnya baik melalui mulut ke mulut ataupun media sosial saat di kampus nanti. “Semoga saya dapat mengemban amanah dengan baik, dan benar-benar berkontribusi untuk memajukan pariwisata yang ada di daerah. Saya berharap agar pemuda-pemudi di Indonesia lebih berinisiatif dalam  memajukan daerahnya masing-masing,” pungkasnya.

Mahasiswa Fdikom, jurusan MD semester tiga, Putri Widia Sari, mengatakan jika ia sangat bangga dan senang dengan  prestasi yang ditorehkan oleh kakak tingkatnya tersebut. “Semoga mahasiswa MD lainnya dapat mencontoh dan memacu diri untuk bisa memberikan prestasi yang lebih dari ini,” ujarnya.

(Syahbaniyah Widyanitamy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *