Bangkitkan Jiwa Wirausaha Generasi Muda Lewat Seminar Entrepreneurship

Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis bersama Association For The International Exchange Of Student In Econimics And Commerce  (AIESEC) di Tangerang Selatan usai mengadakan seminar entrepreneurship dengan tema “Building Entrepreneurship And Leadership Spirit In Youth For Sustainable Development”, di Ruang Teater, Gedung FEB lantai dua, Senin (20/8). Narasumber dalam seminar ini adalah Bayu Janitra selaku CEO Top Karir, Edy Fajar Prasetyo selaku founder Eco Business, dan Asmui Kammuri selaku Direktur P.T Javapucinno. Seminar ini ditujukan untuk mahasiswa yang ingin produktif dan ingin menjadi pengusaha di usia muda.

CEO Top Karir, Bayu Janitra memaparkan, ketika mahasiswa lulus kuliah, selanjutnya akan bersaing dengan banyak orang untuk mendapatkan pekerjaan. Maka dari itu, Bayu mengatakan, mahasiswa tidak boleh menjadi sarjana yang biasa-biasa saja, tanpa mempunyai keahlian dan kreativitas. “Segala sesuatu itu harus direncanakan dari muda. Tips untuk mencari pekerjaan adalah, yang pertama, setiap orang harus mencari pekerjaan yang sesuai dengan passion diri masing-masing, dan yang kedua, cari celah dari permasalahan yang kebanyakan orang sering hadapi, atau bagian yang paling dibutuhkan,” ujarnya. Bayu menambahkan, dalam bekerja juga butuh banyak literasi, sebab sukses tidak hanya dengan menjadi wirausahawan, akan tetapi sukses juga bisa karena menjadi profesional. “Kuncinya adalah benar-benar tekun dan menyukai bidang tersebut. Jika ingin menjadi wirausahawan yang sukses, seseorang harus kreatif, bisa membaca kondisi pasar, dan jangan takut gagal. Kegagalan di awal itu wajar, karena merupakan pemanasan dari kesuksesan,” tandasnya.

Koordinator program Global Youth Seminar Entrepreneur, Putri Aulia Syafina mengatakan, tema ini dipilih karena panitia ingin mengembangkan perekonomian di Indonesia. “Dengan pembicara yang berkualitas dan layak untuk menginspirasi mahasiswa UIN Jakarta, serta menumbukan semangat social preneur. Karena menjadi pengusaha bukan hanya untuk  mendapatkan uang saja, tetapi bisa bermanfaat untuk lingkungan sekitar,” ungkapnya. Gadis yang akrab disapa Fifi berharap, agar mahasiswa UIN Jakarta tidak takut untuk menjadi pengusaha, serta mampu mengembangkan kreativitas, dan bisa meningkatkan perekonomian bangsa ini.

(Thalita Zada)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *