Delegasi UIN Jakarta Jadi Best Performance Debat Tingkat Nasional

UIN Jakarta kembali mencetak mahasiswa berprestasi. Kali ini datang dari mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi, yaitu Maharani Auliya Agustin, Elok Maulidah, dan A’zizah Shobiroh. Mereka tergabung dalam satu grup dan mendapatkan penghargaan sebagai Best Performance di Lomba Debat Tingkat Nasional (Pilbimnas) yang diadakan oleh Universitas Negeri Makassar.

Salah satu anggota grup dari pemenang lomba ini, A’zizah Shobiroh, mengatakan mengetahui adanya lomba ini dari Grup Forum Mahasiswa Bidikmisi (Formabi) dan dari situlah grup debat untuk mengikuti lomba ini terbentuk. Azizah mengatakan, sebelum lolos menjadi finalis, mereka harus mengirim esai terlebih dahulu. “Kami daftar untuk lomba ini sehari sebelum pendaftaran ditutup dan membuat esai pun beberapa jam sebelum penutupan pendaftaran,” jelas A’zizah. Ia melanjutkan, esai yang dikirim berjudul “Go-Hygiene : Platform Crowfunding Peduli Sanitasi Masyarakat” dan ia mengaku tidak menyangka bahwa esai tersebut dapat membawa timnya lolos sebagai finalis. A’zizah mengungkapkan, di dalam lomba tersebut terdapat delapan finalis dari universitas yang berbeda. Menyangkut dengan tema dalam lomba debat ini, A’zizah menjelaskan bahwa temanya dirancang oleh PBB. “Sebenarnya untuk tema lomba debat ini adalah Sustainable Development Goals 2030 yang dirancang oleh PBB, namun untuk mosinya itu ditentukan oleh panitia dengan beberapa bidang yang dibahas yaitu seperti pendidikan, politik, ekonomi, teknologi, kesehatan,” paparnya.

Untuk persiapan debat sendiri, A’zizah mengaku bahwa timhya hanya mempersiapkannya kurang lebih selama satu minggu dan menurutnya dalam persiapan ini terbilang cukup kuwalahan. “Karena setiap anggota mempunyai kegiatan dan kesibukan masing-masing di fakultas mereka, sehingga tentu tidak mudah mengatur latihan,” jelasnya. A’zizah merasa sangat bersyukur dengan penghargaan yang mereka raih serta pengalaman dan ilmu yang mereka dapatkan selama lomba berlangsung. “Sebagai perwakilan Mahasiswa Bidikmisi UIN Jakarta. Kami berharap ini akan menjadi awal dari banyaknya prestasi yang akan dicapai oleh teman-teman yang lain. Kami juga mengajak teman-teman semua untuk dapat maksimal dalam meraih prestasi selama menempuh jenjang  S1 ini,  baik dalam bidang akademik , organisasi, volunteer dan sebagainya tanpa meninggalkan kewajiban sebagai mahasiswa,” harap A’zizah.

Mahasiswa penerima bidikmisi, Majidatun Ni’mah mengatakan bahwa ia sangat bangga dan termotivasi dengan apa yang diraih oleh temannya tersebut, karena dapat mengharumkan beswan Bidikmisi, terkhusus UIN Jakarta. “Mereka dapat memberi contoh yang baik untuk kita, dan semoga ke depannya banyak mahasiswa UIN lainnya bukan hanya dari Bidikmisi yang dapat membawa nama universitas ke kancah nasional,” tutupnya.

(Syahbaniyah Widyanitamy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *