Kuatkan Solidaritas Jurusan, Pendidikan IPS Adakan Social Camp 2018

Salah satu cara untuk membina hubungan baik antara sesama umat manusia adalah menjalin silaturahmi. Menjalin silaturahmi dengan keluarga, kerabat, teman, dan orang-orang sekitar merupakan bentuk kepedulian terhadap sesama. Mengingat pentingnya solidaritas yang mengatasnamakan perbedaan dapat memperkaya relasi dan persatuan, maka solidaritas harus dipertahankan. Seperti yang dilakukan oleh mahasiswa jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (PIPS), Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) yang mengadakan Social Camp 2018, dalam rangka mempererat tali silaturahmi dan menjaga kekompakan satu jurusan Pendidikan IPS.

Ketua HMJ Pendidikan IPS, Dicky Firmasyah mengatakan, ini merupakan kegiatan tahunan dengan inovasi yang selalu berbeda tiap tahunnya. Kurang lebih 116 mahasiswa jurusan pendidikan IPS yang berpartisipasi dalam kegiatan ini.  “Tahun ini berbeda karena ada penyampaian materi di tahun ini. Dengan tema “Terbinanya Mahasiswa yang Kreatif dan Responsif”,” ujarnya. Ia menambahkan, materi ini disampaikan agar mahasiswa peka terhadap perkembangan zaman terutama dalam hal digitalisasi, ada juga kegiatan jerit malam, kepemimpinan, kemahasiswaan, ke-Islaman, ke-Indonesiaan, serta shock theraphy untuk membangun mental. “Kebersamaan antar angkatan yang ingin kita bangun disini,” tuturnya. Selain itu, solidaritas yang ingin dibangun di sini karena peran penting solidaritas dapat diukur keberhasilannya. Menurut Dicky, solidaritas dapat menciptakan sebuah kesatuan dan kesamaan perjuangan dalam satu jurusan. “Semoga mahasiswa jurusan Pendidikan IPS  bisa mempererat tali silaturahmi di angkatan sendiri dan antar angkatan, serta bisa mengambil setiap pelajaran dan pengalaman dari Social Camp 2018,” tandasnya.

Mahasiswa FITK, jurusan Pendidikan IPS, semesrter tiga, Fitri Nur Hasanah mengatakan, kegiatan ini sangat baik untuk perkenalan, membentuk kekompakan, dan membentuk hubungan baik dalam satu angkatan maupun antar angkatan. “Hubungan baik sangat dibutuhkan karena pada dasarnya setiap orang pasti membutuhkan bantuan dari orang lain,” ujarnya. Ia menambahkan, dari kegiatan ini, mahasiswa jurusan Pendidikan IPS akan lebih mempererat silaturahmi dan untuk mahasiswa baru bisa beradaptasi dengan lingkungan perkuliahan terutama lingkungan jurusan Pendidikan IPS.

(Thalita Zada)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *