Mahasiswa UIN Jakarta Menangkan Lomba Esai Se-Jabodetabek

Forum Bidikmisi Mahasiswa Universitas Negri Jakarta (FBMUNJ) usai mengadakan Bidikmisi Award 4.0 pada Rabu-Kamis (10-25/10) sampai kamis (25/10). Dengan beberapa rangkaian perlombaan, yaitu lomba debat, lomba esai, lomba video inspiratif, dan lomba desain poster, yang mengusung tema “Optimalkan Potensi dan Kreativitas Mahasiswa Bidikmisi Dalam SDG’s 2030”, dan bertempat di UNJ. Perlombaan ini diikuti oleh mahasiswa penerima beasiswa Bidik Misi se-Jabodetabek. Salah satu mahasiswa UIN Jakarta, yaitu Ibnu Sholah memenangkan lomba esai.

Mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum (FSH), jurusan Hukum Keluarga, semester lima, Ibnu Sholeh mengungkapkan, dirinya sangat bersyukur atas prestasi juara tiga pada perlombaan Bidikmisi Award 4.0 ini. Ibnu mengetahui info perlombaan ini dari media sosial instagram. Sebelumnya, ia pernah meraih juara dua  lomba esai tingkat se-Jabodetabek yang diadakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Lembaga Dakwah Kampus (LDK) di kampus lain. “Saat melihat poster FBMUNJ di media sosial, seketika itu saya tertarik untuk mengikutinya,” ujarnya. Judul esai yang ditulis  oleh Ibnu yakni “Implementasi Forum Mahasiswa Bidikmisi (Formabi) Mengajar Dalam Mengoptimalkan Potensi dan Kreativitas Mahasiswa Bidikmisi Dalam SDG’s 2030”. “Tujuan saya mengikuti perlombaan ini adalah, untuk memperkenalkan kepada semua orang, di UIN Jakarta terdapat Frormabi, yang mempunyai potensi dan kreativitas luar biasa,” ungkapnya. Saat presentasi karya sesi final, Ibnu merasa kebingungan, karena pada saat itu dirinya hanya memiliki sedikit uang, dan baru kali pertama ke UNJ. “Saat penampilan presentasi karya, saya hanya optimis dan tidak mempedulikan apa yang akan terjadi disekitar. Yang terpenting adalah mampu mengharumkan  nama UIN Jakarta dan mahasiswa bidikmisi,” tutupnya.

Mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) jurusan Pendidikan Matematika semester tiga, Ayu Putri Pertiwi mengatakan bangga dengan prestasi yang diraih oleh Ibnu. Terlebih karena Ibnu merupakan mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi, yang memiliki misi memberikan prestasi untuk universitas. “Dengan prestasi yang diraih Kak Ibnu, saya berharap hal itu bisa menjadi contoh bagi mahaiswa lainnya untuk terus berprestasi, terlebih untuk penerima beasiswa Bidikmisi,” tuturnya. Ayu berharap, agar mahasiswa UIN Jakarta dapat memberikan segudang prestasi, guna mengharumkan nama UIN Jakarta di kancah nasional maupun internasional.

(Shifa Ubaisilfa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *