Sabet Gelar Duta Koperasi Provinsi Banten 2018, Mahasiswa UIN Jakarta Perkenalkan Koperasi Milenial

Koperasi tidak seperti apa yang dibayangkan sebagai lembaga yang lawas. Nyatanya, koperasi adalah lembaga dapat diikuti milenial dengan menerapkan prinsip kerja bersama. Selain menyejahterahkan masyarakat, koperasi juga mempunyai nilai sosial karena koperasi adalah jati diri bangsa Indonesia, sebagai bentuk dari gerakan ekonomi kerakyatan. Oleh karena itu, adanya Duta Koperasi diharapkan bisa berperan untuk mengenalkan koperasi terutama untuk generasi milenial. Seperti yang dilakukan oleh perwakilan dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Koperasi Mahasiswa (KOPMA) UIN Jakarta, Natasha Aulia berhasil mengukir prestasi sebagai juara satu Duta Puteri Koperasi Tangerang Selatan 2018 dan Duta Putri Koperasi Provinsi Banten 2018.

Anggota Pengembangan Usaha Kopma UIN Jakarta, Natasha Aulia memaparkan, dirinya menjadi Duta Koperasi 2018 tingkat kota sampai provinsi telah melalui beberapa tahapan seperti seleksi tulis, seleksi wawancara, debat, tanya jawab antar duta, pemaparan visi dan misi, sampai pemaparan inovasi untuk koperasi di era milenial. “Kiat-kiat saya sampai bisa menjadi Duta Koperasi adalah berusaha untuk selalu percaya diri, berani berkorban, selalu berlatih, dan meluruskan niat menjadi duta koperasi karena ingin berkontribusi untuk menjadi orang yang bermanfaat,” ujarnya. Ia menambahkan, setelah menjadi Duta Koperasi 2018 tingkat kota dan provinsi ini, Natasha akan berkolaborasi bersama dinas setempat untuk merealisasi program perkembangan koperasi, membuat koperasi duta, membuat coop-platform, membuat pendidikan dan pelatihan koperasi, memanfaatkan media sosial agar generasi milenial mengenal manfaat koperasi. “Tidak kalah penting, mempromosikan produk unggulan daerah baik Tangerang Selatan atau produk dari Suku Baduy di Banten,” terangnya. Natasha mengatakan, untuk menjadi juara dan sukses, ada harga yang harus dibayar yaitu berupa dedikasi, kerja keras, pengorbanan, dan doa. “Semoga mahasiswa UIN Jakarta bisa berprestasi dalam bidang apapun, dan bermanfaat untuk orang sekitar,” tutupnya.

Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), jurusan Ekonomi Pembangunan, Putri Laili mengatakan, dirinya bangga atas prestasi  tersebut. “Kekuatan koperasi terletak pada sumber daya yang unggul, diharapkan dengan adanya orang-orang terbaik seperti duta-duta koperasi dan generasi muda bisa membantu agar koperasi terus menjadi lebih baik dan kokoh,” ujarnya. Ia menambahkan, apabila koperasi menjadi lebih baik, maka perekonomian akan semakin kuat dan generasi muda sangat berkesempatan untuk bergerak dan mengambil peran dalam mengembangkan koperasi di Indonesia. “Semoga generasi muda termasuk mahasiswa bisa ikut berpartisipasi dalam kegiatan koperasi guna membantu kemajuan perekonomian di Indonesia,” tandasnya.

(Thalita Zada)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *