Diskusi Dosen FDIKOM, Ekploitasi Medsos Perkuat Haluan Islamisme – RDK FM UIN JAKARTA

Diskusi Dosen FDIKOM, Ekploitasi Medsos Perkuat Haluan Islamisme

Dekan Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIKOM) mengadakan acara Diskusi Dosen Bulanan, dengan tema “Beralih ke Haluan Islamisme : Gen Z, Media Sosial dan Intoleransi”,  pada Rabu (31/7),  di Meeting Room lantai dua FDIKOM.

Narasumber Diskusi Dosen Bulanan Cecep Romli mengatakan, Saat ini ekspresi politik identitas dan islamisme tampak menguat pada banyak kanal media sosial (medsos).

“Berdasarkan data berbagai survei dan merujuk definisi islamisme dari Mozaffari, ditemukan tidak sedikit pengajar, serta mahasiswa (generasi Z) yang merasa dekat dengan NU dan Muhammadiyah, namun bersimpati atau bahkan menyeberang ke haluan islamisme,” tuturnya.

Menurutnya, delapan tahun terakhir, internet telah didominasi oleh medsos dan meme yang sering bersifat parsial dan partisan.

“Eksploitasi medsos malah menjadi pemantik tren intoleransi dan kebencian global,” ujarnya.

Ia melanjutkan, survei menemukan, hampir 60% peserta aksi Bela Islam 212 (dengan sampel 600 orang) mengakui afiliasi kepada NU serta Muhammadiyah, dua organisasi Islam yang dikenal sebagai gerbang depan Islam moderat.

“Namun, hal ini tidak berarti bahwa seluruh peserta NU dan Muhammadiyah pada aksi Bela Islam 212 berputar haluan berpihak dan menganut ideologi serta agenda FPI,” ungkapnya.

Dosen FDIKOM, Ibnu Qoyyim mengatakan, pengaruh media sosial terhadap anak muda itu besar, karena mereka mendapatkan akses informasi yang tidak terbatas. Padahal anak muda sedang mencari jati diri dan harapan sehingga dengan akses yang tidak terbatas akan mendasari motivasi diri.

“Di luar sana porsi politik memang lagi mengangkat soal itu, apakah konsep tersebut benar-benar disukai atau sedang berkembang di kalangan kampus,” ujarnya.

Ia menambahkan, dilihat dari kenyataannya, jika sedang terjadi intolerasi di kalangan generasi milenial adalah hal relatif. Implementasi dari diskusi dosen ini untuk kehidupan sehari-hari,  khususnya anak muda.

(Shidqi Fikri Zaidan)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

enterslots kdslots777 vegasgg autospin88 jempol88 playbet88 luxury333 fit188 bigdewa megahoki88 warung168 gas138 nusa365 gebyar123 kencana88 max77 garuda999 koinvegas mantul138 autowin88 emas168 pusatwin ajaib88 monsterbola bonus138 kencana88 koko138 bet88 dragon77 dunia777 bigdewa jakartacash 7winbet emas138