KKN Internasional, Kenalkan Budaya Indonesia ke Kancah Mancanegara – RDK FM UIN JAKARTA

KKN Internasional, Kenalkan Budaya Indonesia ke Kancah Mancanegara

Kuliah Kerja Nyata (KKN) pasti tidak asing lagi dikalangan mahasiswa, terlebih kegiatan ini juga sebagai bentuk perwujudan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. KKN UIN Jakarta yang sudah dimulai dari 23 Juli kemarin, bukan hanya tersebar di wilayah Indonesia saja, melainkan juga merambah ke kancah dunia.

Sebagian mahasiswa lebih memilih KKN Internasional, ketimbang KKN Kebangsaan atau KKN Mandiri. Program KKN Internasional merupakan program kerjasama UIN Jakarta dengan Association Internationale Des Etudiants En Sciences Economiques et Commerciales (AIESEC), South Tangerang.

Mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi (FST), jurusan Agribisnis, semester enam, Vania Puti Mahsa mengatakan, dirinya sudah lama memiliki cita-cita untuk pergi ke luar negeri tapi bukan untuk liburan, melainkan ingin memperkenalkan ibu pertiwi lebih dalam ke masyarakat dunia, khususnya China.

“Meski terkendala oleh bahasa pengantar, fokus saya lebih memperkenalkan dan mengajarkan kebudayaan Indonesia kepada masyarakat dan komunitas khususnya di kota Chongqing, China dan sekitarnya,” ungkapnya.

Ia menambahkan, Selain persiapan bahasa, dokumen, dan visa yang dibutuhkan untuk menetap di sana, dirinya juga membawa banyak buah tangan asli Indonesia, untuk dikenalkan dan dihadiahkan kepada warga sekitar.

“Kalau aku bikin gim di sini, aku juga kasih mereka hadiah kecil-kecilan seperti wayang, gantungan kunci, dan pernak-pernik dari anyaman bambu,” jelasnya.

Dirinya juga mengatakan, dipilihnya Negeri Tirai Bambu sebagai tujuan KKN nya, karena China adalah negara yang kental akan budaya dan sangat mencintai budayanya, seperti negara Indonesia.

“Selain itu, banyak stigma yang mengatakan kalo China itu komunis, individualis, dan lain-lain. Hal ini yang menjadikan rasa keingintahuan menjadi semakin tinggi,” ungkapnya.

Menurutnya, stigma tersebut tidak mempengaruhi kehidupan masyarakatnya. Mereka sangat baik, ramah, dan sangat menghargai sesama, khususnya pada masyarakat asing, mereka tidak membeda-bedakan dan tidak pernah memandang sebelah mata.

“Mereka justru sangat toleran, terutama dengan aku yang notabennya adalah seorang muslim jadi memakai hijab, dan tidak makan makanan haram. Walaupun terkadang mereka nanya kenapa pakai penutup kepala? Kan tidak panas udaranya? Lalu aku senyum sambil menjelaskan,” pungkasnya.

Mahasiswa Fakultas Ushuluddin (FU), jurusan Studi Agama-Agama, Ayu Erviana mengatakan, dipilihnya KKN Internasional sebagai wujud pengabdiannya kepada masyarakat di luar Indonesia, dan sebagai wadah untuk lebih eksplor diri, mengasah skill , dan membangun relasi dengan pemuda-pemuda dari berbagai negara.

“Aku ingin jadi pemuda yang membawa perubhaan ke dunia, dan tidak hanya mengenalkan Indonesia saja, tapi juga untuk UIN Jakarta,” tuturnya.

Ayu mendaftar KKN Internasional melalui AIESEC South Tangerang, dan memilih program Suistanable Development Goals (SDGs) nomer empat, yaitu quality education di Thailand, tepatnya di Assumption University Thailand.

“Sebelumnya udah coba apply dan interview ke berbagai institusi untuk KKN Internasional ini, tapi banyak kendala yang didapati. Tapi Alhamdulillah di project ini diterima setelah menjawab berbagai pertanyaan yang diajukan, full english lewat video call, disitu mereka ingin tahu kemampuan bahasa inggris kita, dan seberapa besar tekad kita untuk melaksanakan program yang mereka ajukan,” tutupnya.

(Alifia Riski Monika)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

enterslots kdslots777 vegasgg autospin88 jempol88 playbet88 luxury333 fit188 bigdewa megahoki88 warung168 gas138 nusa365 gebyar123 kencana88 max77 garuda999 koinvegas mantul138 autowin88 emas168 pusatwin ajaib88 monsterbola bonus138 kencana88 koko138 bet88 dragon77 dunia777 bigdewa jakartacash 7winbet emas138