Sejarah Hingga Mitos Tahun Kabisat

Tahun Kabisat jatuh setiap empat tahun sekali. Sumber foto: cnnindonesia.com


Terdapat perbedaan kalender 2020 dengan tahun sebelumnya, yaitu pada bulan februari yang biasanya hanya 28 hari kini terdapat 29 hari. Hal tersebut dikenal dengan istilah Tahun Kabisat, yang dalam bahasa Inggris disebut dengan Leap Year. Tahun tersebut disebabkan karena mengalami penambahan satu hari dengan tujuan menyesuaikan penanggalan dengan tahun astronomi.

Presiden Jurusan Fisika, Ridwan Eko Laksono mengatakan, pada masa Romawi Kuno pemerintahan Julius Caesar terdapat perhitungan revolusi bumi atau perputaran bumi mengelilingi matahari dan adanya kalender Julian yang merujuk pada astronom Sosiogenes dari Aleksandria, di Kota Mesir.

“Perhitungan tersebut menunjukkan dalam satu revolusi bumi terdapat 365 koma 25 hari. Bilangan koma tersebut jika dikalikan empat maka hasilnya adalah satu yang berarti setiap empat tahun sekali akan ada satu hari yang ditambahkan,” ungkapnya.

Dirinya menambahkan, jika angka koma tersebut dibiarkan akan terjadi perpanjangan waktu yang tidak sesuai dengan putaran bumi. Maka, istilah Leap Year dalam bahasa Inggris tersebut memiliki makna lompatan yang berkaitan dengan angka 0,25 yang dikali empat sehingga menjadi satu hari.

Mahasiswa Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Banten, jurusan Teknologi Laboratorium Medis, semester dua, Amila Thursina menuturkan, tahun kabisat juga berkaitan dengan sistem algoritma. Jika tahun tersebut tidak habis dibagi empat, maka bukan tahun kabisat.

“Jika tahun itu habis dibagi empat, namun tidak habis dibagi 100 maka tahun tersebut adalah tahun kabisat. Jika tahun tersebut habis dibagi 100, namun tidak habis dibagi 400 maka bukan tahun kabisat,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, di Amerika Serikat terdapat perayaan bagi seseorang kelahiran 29 Februari yaitu berupa balon udara, karnaval, dan turnamen. Selain itu, juga terdapat mitos jika seseorang kelahiran 29 Februari yaitu memiliki kepribadian khusus atau kemampuan yang tidak dimiliki oleh orang lain, serta akan meninggal pada tanggal kelahirannya.

(Milla Rosa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *