Jokowi Berpesan Agar Lembaga Pendidikan Mengubah Kurikulum

Pernyataan Jokowi terkait perubahan metode pembelajaran. Sumber foto: detik.com


Pada Minggu (01/03), Presiden RI Joko Widodo atau akrab disapa Jokowi menghadiri pengukuhan guru besar di UIN Sunan Ampel Surabaya. Dalam acara tersebut, Jokowi memberikan pernyataan mengenai keinginan untuk perubahan kurikulum lantaran kini era digital tengah menguasai seluruh bidang kehidupan. Setiap lembaga pendidikan, khususnya perguruan tinggi harus dapat memperbarui sistem pembelajaran, sehingga tercipta metode baru di era digital saat ini.

Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIKOM), jurusan Kesejahteraan Sosial (Kessos), semester delapan, Hikma Rizkia menuturkan, dirinya setuju terkait kebijakan tersebut namun harus dilihat kembali perubahan yang akan dicanangkannya. Di era digital kini, seharusnya lembaga pendidikan melakukan kemajuan metode pembelajaran dengan teknologi.

“Persiapan kebijakan tersebut perlu dikaji kembali seperti fasilitas yang mumpuni. Mahasiswa pun harus mempersiapkan diri dengan persaingan dalam maupun luar negeri,” tegasnya.

Dirinya menambahkan, dalam persaingan mahasiswa dapat meningkatkan kemampuannya, mengingat Indonesia kini tengah menghadapi era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Dalam menguasai bidang teknologi, ekonomi, sosial hingga politik mahasiswa harus mengasah kemampuan lain seperti teknik desain dan promosi.

Mahasiswa FDIKOM, jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), semester dua, Fitria Ardilla menuturkan, tidak dapat dihindari bahwa kini telah memasuki era digital yang memasuki seluruh bidang kehidupan masyarakat.

“Mahasiswa merupakan agent of change sehingga harus sigap dalam menghadapi perubahan, meningkatkan pengetahuan dan mengasah kemampuan dengan aktif di dalam maupun luar kampus,” ungkapnya.

Dirinya berpesan, mahasiswa harus dapat diandalkan bagi negara dan bagi pemerintah diharapkan bijak dalam mengambil keputusan, serta mengembangkan inovasi.

(Rasya Azzahra)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *