FST Gelar Pelepasan Mahasiswa Magang ke Jepang

Sesi foto bersama setelah acara pelepasan mahasiswa.


Pada Selasa (03/03), Fakultas Sains dan Teknologi (FST) menggelar acara pelepasan mahasiswa yang akan berangkat ke Hokaido, Jepang, untuk menjalankan program magang. Delegasi magang tersebut terdiri dari 14 mahasiswa terpilih yang berasal dari Program Studi (Prodi) Agribisnis, untuk magang ke industri pertanian selama tujuh bulan ke depan. Keberangkatan tersebut akan dilaksanakan secara bertahap mulai lima Maret hingga Mei 2020 mendatang.

Dekan FST, Prof. Dr. Liliy Surayya Eka Putri menuturkan, hal tersebut merupakan pencapaian kampus yang berharga dan bermanfaat bagi mahasiswa untuk menambah pengalaman bidang agribisnis di kancah internasional. Pihak kampus diharapkan agar selama kegiatan magang tersebut dapat bekerjasama dengan melakukan konversi Sistem Kredit Studi (SKS) agar tetap terhitung.

“Hal tersebut tidak terdapat pemungutan biaya, namun dibiayai oleh pihak Jepang. Mahasiswa dibiayai mulai dari belajar bahasa Jepang, transportasi, hingga uang saku selama kegiatan berlangsung,” ungkapnya.

Dosen pengampu Biologi tersebut menambahkan, sebelum keberangkatan mahasiswa tersebut juga diberi pembekalan moral serta menjaga nama baik UIN Jakarta. Selain itu, akibat meluasnya virus Corona, harus menjaga kesehatan agar sistem imun tetap stabil.

Wakil Rektor bidang kerjasama, Prof. Dr. Andi Faisal Bakti, M.A., menuturkan, program  magang tersebut harus menjadi tempat pembelajaran dan pengalaman bagi mahasiswa, serta pengambilan data skripsi.

“Jadikan sebagai tempat pengabdian masyarakat untuk mengambil surat keterangan kegiatan mahasiswa serta sebagai implementasi ilmu yang didapat di perkuliahan,” jelasnya.

Dirinya berharap, semoga perwakilan 14 mahasiswa perempuan tersebut dapat segera menyelesaikan skripsi ketika kembali ke Indonesia, serta memiliki kemampuan berbahasa asing yang dapat menjadi nilai tambah mahasiswa.

(Sitta Sakinatu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *