Peduli Kesehatan Sekaligus Beramal melalui Donor Darah

Proses donor darah yang dilakukan KSR PMI UIN Jakarta.


Pada Rabu (11/03), Korps Sukarela (KSR) Palang Merang Indonesia (PMI) UIN Jakarta kembali mengadakan kegiatan rutin yaitu Donor Darah yang bertempat di Aula Madya lantai satu. Selain donor darah, kegiatan tersebut pun terdapat cek kesehatan dan mata yang dibuka untuk umum.

Divisi Hubungan Informasi dan Masyarakat, Guswandi menuturkan, tujuan diadakannya donor darah tersebut yaitu untuk pasokan darah sebagai langkah antisipasi ketika terjadi bencana yang membutuhkan darah banyak.

“Target pasokan darah KSR PMI UIN Jakarta yaitu 1000 kantong. Bagi pendonor darah hendaknya memperhatikan kesehatan sebelumnya dan minimal berat badannya yaitu 45 kilogram,” tuturnya.

Dirinya berpesan, agar mahasiswa peduli dengan keadaan sekitar terhadap orang yang membutuhkan darah, sehingga mereka mendapatkan ketersediaan pasokan darah.

Mahasiswa Fakultas Adab dan Humaniora (FAH), jurusan Ilmu Perpustakaan, Ike Nurhasanah mengatakan, terdapat banyak manfaat dari mengikuti donor darah yaitu salah satunya meregenerasi sel, mencegah kanker, serta dapat mendektesi penyakit serius.

“Setelah melakukan donor darah tidak merasa pusing kembali. Awalnya memang takut, namun seiringnya waktu dengan membiasakan donor darah maka akan terbiasa,” ungkapnya.

Dirinya menambahkan, kegiatan donor darah penting dilakukan untuk dampak kesehatan yang baik ke depannya, serta sekaligus menjadi ladang amal bagi pendonor darah.

(Milla Rosa)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *