Tingkatkan SDM melalui Pembekalan KKN 2020

Pemaparan materi.


Pada Rabu (11/03), Pusat Pengembangan kepada Masyarakat (PPM) UIN Jakarta mengadakan kuliah umum dengan mengusung tema “Pendidikan dan Kewirausahaan: Membangun Potensi Mahasiswa dan Masyarakat melalui Program Kuliah Kerja Nyata”, bertempat di Auditorium Harun Nasution. Kegiatan tersebut merupkan rangka pembekalan calon peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang kedua kalinya, dihadiri oleh mahasiswa semester enam dari seluruh fakultas dan pembicara Rektor UIN Jakarta, Prof. Dr. Hj. Amany Lubis, M.A., serta Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny Gerard Plate.

Menkominfo, Johnny Gerard Plate menuturkan, kampus merupakan pilar terpenting dalam membentuk Sumber Daya Manusia (SDM) yang baik. KKN termasuk sebagai ajang mahasiswa dalam meninggalkan kampus.

“Meninggalkan yang dimaksud tersebut ialah untuk mengaplikasikan ilmu yang telah didapat selama lima semester, kepada masyarakat pedesaan yang membutuhkan inovasi serta memajukan desanya,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, fase terpenting ketika belajar di perguruan tinggi yaitu KKN, maka salah satu daya tahan agar menjaga keunggulan SDM yaitu mengikuti KKN dan memberikan manfaat kepada masyarakat desa.

“Pentingnya berliterasi dengan kemajuan teknologi informatika merupakan tugas yang harus dilakukan mahasiswa dengan menciptakan kewirausahaan berbasis internet dan teknologi supaya membantu memajukan masyarakat desa,” pungkasnya.

Mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum (FSH), jurusan Hukum Keluarga, semester enam, Rahmadini Septiairi mengatakan, wilayah pelosok pedesaan tidak boleh tertinggal zaman di era yang telah maju kini.

“Di tempat KKN nanti tugas mahasiswa yaitu untuk membuka mata dan pikiran masyarakat desa dengan kemajuan teknologi,” tuturnya.

Dirinya menambahkan, masyarakat desa harus bersaing dengan masyarkat kota dalam perekonomian dan memanfaatkan kemajuan teknologi seperti memasarkan produk secara online. Dirinya berharap, semoga KKN dapat berjalan lancar dan menerapkan ilmu yang telah di dapat kepada desa yang akan ditempatkan.

(Rizka Amelia)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *