Kepedulian UIN Jakarta untuk Kurangi Penyebaran Covid-19

Virus Corona atau Corona Virus Disease (Covid-19) telah melanda di berbagai belahan dunia sejak Desember 2019 lalu. Kalangan masyarakat dunia maupun Indonesia pun dituntut agar menerapkan pola hidup sehat agar mengurangi penyebaran. Maka, hal tersebut membuat Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) KMPLHK Ranita dan sivitas akademika jurusan Farmasi yang dibantu dengan rektor, membagikan hand sanitizer serta hand soap kepada masyarakat di sekitar UIN Jakarta. Kegiatan tersebut dilakukan sejak satu minggu lalu oleh jurusan Farmasi, kemudian pada (21/03) dan (23/03) oleh KMPLHK Ranita.

Anggota divisi Search and Rescue (SAR) bidang logistik KMPLHK Ranita, Ade Herina menjelaskan, pembagian hand sanitizer dan hand soap tersebut guna membantu masyarakat serta pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19 yang kian meningkat. Kegiatan tersebut didasari oleh rasa tanggung jawab KMPLHK Ranita yang bergerak dalam bidang kemanusiaan dan bencana.

Hand sanitizer tersebut dibuat sendiri dan dibantu oleh anggota KMPLHK Ranita yang mengerti terkait pembuatannya dan dibagikan secara gratis, karena mengingat harga di pasaran yang kini melonjak karena langka,” ungkapnya.

Mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes), jurusan Kesehatan Masyarakat (Kesmas), semester empat tersebut berharap, semoga dengan pembagian produk tersebut masyarakat dapat menjaga kebersihan dan kesehatannya, serta mengurangi jumlah kasus Covid-19 di Indonesia.

“Sebaiknya masyarakat ikuti anjuran pemerintah dan berdoa supaya dilindungiNya dan terhindar dari wabah tersebut. Jika terdapat masyarakat yang merasakan gejala Covid-19, maka segera periksakan ke rumah sakit,” pesannya.

Anggota tim produksi hand sanitizer sivitas akademika jurusan Farmasi, Ade Nurhikmah menjelaskan, proses pembuatan hand sanitizer yang diberi merk ‘Shihah’ tersebut dibantu oleh oleh Kepala Program Studi (Kaprodi) Farmasi, Dr. Nurmelis, M.Si., apt., dan beberapa dosen laboran, serta mahasiswa lainnya.

“Pemberian nama merk ‘Shihah’ yang dicetuskan oleh Dekan Fikes, Dr. Zilhadia, M.Si., apt., yaitu berasal dari bahasa Arab yang bermakna sehat, dengan harapan penggunaannya akan selalu sehat dan dalam lindungan Allah,” ungkapnya.

Mahasiswa Fikes, jurusan Farmasi semester enam, Anjas Priadi menjelaskan, hand sanitizer tersebut dibagikan ke seluruh fakultas UIN Jakarta dan masyarakat sekitar UIN Jakarta. Selain itu, pihak jurusan Farmasi ke depannya akan membuat obat herbal guna mengurangi efek Covid-19.

“Saat ini, masyarakat diimbau untuk menerapkan social distancing atau menjaga jarak, serta membiasakan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PBHS) agar menguragi penyebaran wabah Covid-19,” pesannya.

(Falah Aliya)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *