Pendataan Mahasiswa FDIKOM Guna Pencegahan Covid-19

Semenjak wabah Corona Virus Disease (Covid-19) memasuki Indonesia dan mengalami peningkatan signifikan dalam kurun waktu satu bulan, maka hal tersebut membuat masyarakat resah dan waspada, sehingga wabah tersebut dinyatakan sebagai pandemi global oleh World Health Organization (WHO).

Maka, dalam upaya antisipasi penyebaran Covid-19 pihak UIN Jakarta mengeluarkan Surat Keputusan (SK) Rektor yang berisi kebijakan Perkuliah Jarak Jauh (PJJ) hingga akhir semester genap mendatang. Selain itu, tingkat penyebaran yang tinggi tersebut membuat kawasan Ciputat menjadi zona merah darurat Covid-19. Oleh karena itu, pihak Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIKOM) melakukan pendataan terhadap mahasiswa yang masih berada di kawasan kampus atau yang masih menetap di kos.

Wakil Dekan (Wadek) tiga FDIKOM, Drs. Cecep Castrawijaya M.A., mengatakan, pihak fakultas melakukan pendataan bekerja sama dengan pihak Dewan Mahasiswa (Dema) dan jajaran Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ). Pendataan tersebut bertujuan untuk mengetahui keberadaan, serta kondisi mahasiswa yang berada di kawasan kampus.

“Seiring meningkatnya wabah Covid-19 pihak kampus pun turut bertanggung jawab atas keselamatan dan kesehatan mahasiswanya. Jika memang masih ada mahasiswa yang menetap di sekitaran kampus, maka diimbau  untuk segera pulang ke kampung halaman,” tegasnya.

Dirinya menambahkan, mahasiswa dan masyarakat lainnya agar menerapkan pola hidup sehat yaitu dengan konsumsi makanan yang bergizi dan bernutrisi, vitamin, serta selalu menjaga kebersihan supaya imun menjadi kuat dan terhindar dari penularan wabah Covid-19.

Ketua HMJ Komunikasi Penyiaran dan Islam (KPI), Farid Abdullah Lubis menuturkan, bagi seluruh mahasiswa supaya mengisi google form yang telah diberikan melalui broadcasting pesan di whatsapp group. Pengisian data tersebut tentu penting terutama untuk mahasiswa yang masih berada di kos sekitaran kampus.

“Kondisi dan kesehatan mahasiswa yang berada di sekitaran kampus sangat dikhawatirkan lantaran Ciputat dekat dengan kawasan zona merah penyebaran Covid-19. Oleh karena itu, mahasiswa lebih baik pulang ke rumah agar suasana kondusif dan aman,” jelasnya.

Dirinya menyarankan, dalam upaya meminimalisir penyebaran Covid-19 pihak kampus dapat melakukan pertimbangan untuk menerapkan pengecekkan kesehatan di Rumah Sakit (RS) UIN secara gratis, bagi mahasiswa yang ingin mengetahui keadaan dan kondisi kesehatannya.

(Rizka Amelia)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *