Ternate Masuki Bulan Sya’ban, Bulan Penuh Keistimewaan

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) berhasil melihat hilal penentu awal bulan Sya’ban, 1441 Hijriyah. Dalam siaran resmi BMKG, hilal bulan Sya’ban dapat telihat oleh tim pengamat hilal BMKG pada dua wilayah di Indonesia pada Rabu, (25/03).

Diperoleh dari akun twitter BMKG, hilal terlihat di Ternate oleh tim geofisika Ternate, hilal juga terlihat di Ambon berdasarkan laporan stasiun geofisika Ambon. Hal tersebut menandakan telah memasuki awal bulan Sya’ban.

“Selamat datang bulan Sya’ban,” ujar BMKG pada laman twitternya @infoBMKG.

Di tengah maraknya Virus Corona Disaese (Covid-19), tim pengamat hilal di Ternate dan Ambon tetap melaksanakan tugasnya dengan penuh kewaspadaan. Hal tersebut menarik rasa simpati warga twitter.

Dilansir dari viva.co.id, bulan Sya’ban merupakan bulan ke delepan, dan sebelum bulan Ramadhan dalam kalender Islam. Bulan Sya’ban menyimpan banyak sejarah keistimewaan Islam.

Perintah puasa sebulan penuh sebelumnya dilaksanakan di bulan Sya’ban, lalu pergantian arah kiblat dari Masjid Al Aqsa ke Masjidil Haram juga terjadi pada bulan Sya’ban.

Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIKOM), Muhammad Bagus memaparkan bulan Sya’ban yang terdapat pada kitab Al-Ghunyah karya Syekh Abdul Qodir Al-Jailani.

“Sya’ban adalah bulan yang menghubungkan ke bulan Ramadhan, dalam Sya’ban juga terdapat banyak kebaikan dan keistimewaan yaitu malam Nishfu Sya’ban,” tuturnya.

Dirinya menurutkan, beribadah di  malam Nishfu Sya’ban lebih utama dan lebih afdhol dari ibadah 400 tahun.

Mahasiswa FDIKOM, Zahra Nurizza Wulan Maharani mengatakan, keistimewaan bulan Sya’ban yaitu diangkatnya amal ibadah dan banyak ampunan  dari Allah SWT.

“Pada bulan Sya’ban dianjurkan untuk berpuasa, perbanyak ibadah, dzikir, bermunajat pada Allah dan bersedekah,” ujarnya.

Di tengah wabah Covid-19, dirinya berharap, wabah tersebut cepat selesai dan lenyap sebelum tiba bulan Ramadhan agar umat muslim dapat beribadah dengan tenang.

(Diah Ayu)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *