Tinjau Efektivitas Homeschooling Di Tengah Pandemi – RDK FM UIN JAKARTA

Tinjau Efektivitas Homeschooling Di Tengah Pandemi

Ilustrasi homeschooling. Sumber foto: Republika


Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) kini dinilai tidak efektif lantaran terdapat beberapa kendala yang dijumpai. Kekhawatiran masyarakat terkait wacana pembukaan sekolah pun ramai diperbincangkan. Hal tersebut terbukti dengan banyaknya pertanyaan dari orang tua terkait keefektifan homeschooling atau sekolah mandiri dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Pernyataan dan pertanyaan tersebut disampaikan oleh Direktur Pendidikan Masyarakat Khusus Kemendikbud, Samto, pada Rabu (10/06).

Dilansir dari CNN Indonesia, homeschooling dijamin legalitasnya dalam Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, yang teknisnya diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 129 Tahun 2014 tentang Sekolah Rumah.

Terdapat tiga tipe homeschooling yaitu homeschooling tunggal yang dijalankan oleh orang tua dan anak dalam satu keluarga, homeschooling majemuk yaitu dilakukan oleh dua atau lebih keluarga, dan homeschooling komunitas yaitu gabungan beberapa homeschooling majemuk.

Dilansir dari CNN Indonesia, Pakar Pendidikan dan Praktisi Anak, Seto Mulyadi menuturkan, metode homeschooling dirasa baik menjadi alternatif untuk memastikan hak pendidikan anak terpenuhi selama masa pandemi Corona Virus Disease (Covid-19). Hal tersebut sejalan dengan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

“Anak dapat menempuh homeschooling sebagai pelengkap, pengganti, ataupun penambah. Homeschooling pun dianggap dapat menjadi pemecah problematika pendidikan selama pandemi,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, dalam menempuh keputusan homeschooling atau tidak, yang terpenting adalah berdasrkan kebutuhan dan keinginan anak.

Mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK), jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia, Pratamade Bagus menuturkan, homeschooling dirasa efektif jika diterapkan selama pandemi, karena tidak menimbulkan kerumunan. Homeschooling merupakan salah satu kunci, agar anak terpantau dan siswa leluasa berkomunikasi intens dengan pengajar.

“Pembelajaran homeschooling tersebut sudah dikategorikan ke dalam pendidikan non formal. Selain itu, ijazah homeschooling dapat disamakan dengan ijazah sekola formal lainnya,” tutupnya.

(Diah Ayu)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

enterslots kdslots777 vegasgg autospin88 jempol88 playbet88 luxury333 fit188 bigdewa megahoki88 warung168 gas138 nusa365 gebyar123 kencana88 max77 garuda999 koinvegas mantul138 autowin88 emas168 pusatwin ajaib88 monsterbola bonus138 kencana88 koko138 bet88 dragon77 dunia777 bigdewa jakartacash 7winbet emas138