UIN Jakarta Gelar Wisuda Ke-117 secara Virtual – RDK FM UIN JAKARTA

UIN Jakarta Gelar Wisuda Ke-117 secara Virtual

Wisuda merupakan momen yang dinanti oleh setiap mahasiswa. Pada Sabtu (29/08), bertepatan dengan 10 Muharram 1442 Hijriah, UIN Jakarta kembali melepas sarjana baru ke-117 secara virtual dengan mengusung tema “Moderasi Beragama dalam Kemajuan PTKI: Prespektif Integrasi Nasional”. Pelaksanaan wisuda tersebut terbilang banyak dari wisuda sebelumnya yakni terdiri sebanyak 1.164 lulusan, diantaranya program S1 sebanyak 1.059 lulusan, S2 sebanyak 90 lulusan dan S3 sebanyak 15 lulusan.

Ketua sidang Senat UIN Jakarta, Prof. Abuddin Nata  mengatakan, perkembangan masyarakat pada era milenial kini lebih cepat dibanding perkembangan ilmu dan keahlian yang di pelajari di kampus. Maka, kita perlu memiliki kemampuan menguasai teknologi secara global yang kreatif dan inovatif, cermat dan komunikatif serta kolaboratif, yang dilandasi dengan akhlakul karimah.

“Terus tingkatan rasa kepedulian yang tinggi, kembangkan sikap simpati dan empati, serta lebih manusiawi di masa pandemi yang belum berakhir ini. Selain itu, mengambil peran aktif dalam mengedukasi masyarakat agar terus mengembangkan zakat yang sesuai tema wisuda hari ini,” tuturnya

Dirinya menuturkan, selamat kepada seluruh wisudawan dan wisudawati yang telah lulus hari ini. Hendaknya, wisudawan dan wisudawati senantiasa bersyukur dan berterima kasih kepada pihak yang telah berjasa dan terus kembangkan ilmu, serta keahlian sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum (FSH), jurusan Ilmu Hukum, Muhammad Ulin Nuha mengatakan, wisuda online tersebut merupakan pengalaman pertama. Dirinya mengaku, dapat belajar banyak hal saat berkesempatan kuliah di UIN Jakarta, salah satunya yaitu untuk tidak memisahkan antara urusan dunia dan agama.

“Di setiap semester terdapat porsi masing-masing, gunakanlah waktu di semester satu hingga lima dengan aktif berorganisasi untuk menambah relasi. Namun, di semester tujuh hingga delapan, sebaiknya lebih fokus pada tanggung jawab sebagai mahasiswa,” ungkapnya.

Dirinya berpesan, bagi mahasiswa yang menjalani perkuliahan di tengah pandemi ini tetap semangat dan lebih mengatur waktu dengan baik, agar semua tujuan yang telah ditargetkan tercapai dan tanggung jawab dapat diselesaikan. Lulus kuliah bukan akhir dari kehidupan, maka persiapkan diri sebelum lulus dengan mengasah skill, memperbanyak pengalaman dan bertindak untuk langkah kedepannya.

(Sani Mulyaningsih)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

enterslots kdslots777 vegasgg autospin88 jempol88 playbet88 luxury333 fit188 bigdewa megahoki88 warung168 gas138 nusa365 gebyar123 kencana88 max77 garuda999 koinvegas mantul138 autowin88 emas168 pusatwin ajaib88 monsterbola bonus138 kencana88 koko138 bet88 dragon77 dunia777 bigdewa jakartacash 7winbet emas138