Mahasiswa FDIKOM Ukir Prestasi dalam Ajang Nasional

Potret Bayu Muhardianto usai lomba penulisan opini nasional yang diadakan Dema FAH UIN Sunan Ampel Surabaya.


Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIKOM) kembali mengukir prestasi, berasal dari program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) yakni Bayu Muhardianto. Dirinya berhasil menempati juara satu tingkat nasional dalam  ajang Lomba Penulisan Opini Nasional bertema “Peran Millenial Menghadapi Era Disinformasi” dalam rangka Dies Natalis Fakultas Adab dan Humaniora, yang diselenggarakan oleh Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) Fakultas Adab dan Hmaniora (FAH) UIN Sunan Ampel Surabaya. Perlombaan tersebut digelar pada (6/11) sampai dengan (10/12) dikuti kurang lebih 30 peserta dari seluruh wilayah dan kampus di Indonesia.

Wakil Dekan (Wadek) Tiga Bidang Kemahasiswaan FDIKOM, Drs. Cecep Castrawijaya, M. A., mewakili FDIKOM mengucapkan terima kasih kepada Bayu atas pencapaiannya dalam perlombaan tersebut.

“Semoga ke depannya bisa lebih ditingkatkan lagi, serta dapat menjadi acuan untuk mahasiswa lainnya,” ungkap Cecep pada Kamis (24/12).

Mahasiswa FDIKOM berprestasi tersebut jurusan KPI semester tujuh Bayu Muhardianto mengungkapkan, motivasi dirinya mengikuti perlombaan tersebut yaitu ingin mencari hal lebih sebagai mahasiswa.

“Menurut saya, jika hanya belajar terutama belajar secara daring seperti sekarang tidak cukup. Banyak hal yang bisa kita cari dan juga dalami untuk memperkaya keilmuan. Oleh karena itu, saya butuh wadah untuk meng-upgrade diri saya, salah satunya melalui kompetisi ini,” jelas Bayu.

Bayu membagikan hal yang perlu diperhatikan ketika ingin mengikuti suatu kompetisi terutama kompetisi kepenulisan ialah memiliki manajemen waktu yang baik, memperkaya literatur serta menurunkan ego dalam menulis.

“Menurunkan ego dalam menulis merupakan hal penting yang perlu diperhatikan. Pasalnya, jika ego terus diutamakan dalam menulis dan mengesampingkan teori-teori yang ada, maka hasilnya akan kurang baik, usahakan bebas dari menulis opini tanpa data. Hal itu juga yang menjadi tantangan untuk saya,” jelas Bayu.

Mahasiswa FDIKOM jurusan KPI semester tiga Hamid Maulana mengungkapkan, suatu kebanggan bagi universitas terutama FDIKOM, karena dirinya dapat membawa nama baik  kampus terutama jurusan KPI, dalam ajang nasional yang diikuti oleh peserta kampus lain, sehingga dapat menunjukkan bahwa kampus kita bisa bersaing dengan kampuslainnya. Inisiatif seperti ini perlu ditingkatkan terutama bagi mahasiswa FDIKOM.

“Ke depannya terdapat naungan secara struktural bagi mahasiswa yang berkompetisi, agar mahasiswa lebih terarah dan dapat lebih banyak mengukirkan prestasi untuk membawa nama FDIKOM ataupun universitas. Dengan adanya bimbingan dari pihak kampus atau fakultas, maka kesempatan atau potensi mahasiswa berprestasi akan lebih banyak kedepannya,” harap Hamid.

(Kiki Farika G)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *