Perbedaan Huruf C, R, dan TM pada Merek Produk, Berikut Penjelasannya!

Logo C R dan TM. Sumber foto: taxreturnwala.com


Halo Balamuda! Mungkin kalian seringkali melihat pada suatu brand atau produk terdapat logo tertentu yang tertera atau terlihat di dalamnya, seperti C, R atau TM. Nah, sebenarnya masing-masing huruf tersebut memiliki arti dan kegunaannya masing-masing loh, kira-kira apa saja sih arti serta perbedaan dari ketiga huruf tersebut? Mari simak pembahasannya berikut ini yaa, Balamuda!

Melansir dari accurate.id setidaknya terdapat arti serta kegunaan dari masing-masing huruf tersebut. Ketiga istilah dari C, R, dan TM merupakan simbol atau logo yang digunakan sebagai suatu hak kepemilikan oleh suatu badan usaha tertentu, yang tertera pada produk atau mereknya. Selain itu, terdapat pula hak yang ada di dalamnya secara eksklusif loh! Lantas, bagaimana perbedaannya ya?

1. C (Copyright)

Logo C merupakan sebuah lambang yang merujuk pada Copyright, yang berarti hak cipta. Hak cipta merupakan hak dari hasil produk yang dihasilkan suatu badan usaha secara legal, serta telah dilindungi dengan undang-undang yang berlaku. Copyright memuat seluruh hak pada suatu hasil produk atau karya, yang dapat tersalurkan dalam bentuk bermacam-macam seperti desain grafis, logo, atau foto yang dijual di situs-situs tertentu. Bentuk lainnya juga secara lengkap dapat dilihat melalui undang-undang RI No. 28 tahun 2014 pasal 40.

2. R (Registered)

Logo selanjutnya yaitu R, yang merupakan singkatan dari Registered. Nah, logo tersebut disimbolkan dengan huruf R kecil yang dibalut lingkaran. Logo tersebut biasanya dimiliki oleh suatu perusahaan atau organisasi tertentu yang telah didaftarkan secara sah kepada Hak Kekayaan Intelektual (HKI), sehingga jika telah terdaftar secara resmi, logo tersebut dapat dipakai atau disematkan dengan tujuan komersial ataupun non-komersial.

3. TM (Trademark)

Lalu yang terakhir ada TM. Inisial TM yang biasanya kita temui ini, merupakan singkatan dari trademark atau merek dagang. Sesuai dengan artinya, logo TM ini digunakan untuk menunjukkan beberapa hal seperti nama, gambar, simbol, atau lainnya yang secara sah digunakan oleh suatu badan usaha. Logo TM juga digunakan bagi mereka yang belum terdaftar pada HKI, sehingga digunakan dengan tujuan branding atau untuk mendapatkan suatu hak eksklusivitas atas brand dan produk yang mereka produksi.

Nah Balamuda! Itu tadi sedikit ulasan mengenai arti serta perbedaan dari logo C, R, dan TM pada suatu merek dagang atau produk. Ternyata, masing-masing logo memiliki arti serta kegunannya tersendiri yaa, bukan hanya sekadar logo biasa saja, namun beberapa huruf juga memiliki perlindungan hukum di dalamnya. Nah, kira-kira Balamuda sering lihat logo yang mana nih?

(Rasya Azzahra)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *