Tips Hemat Jelang Musim Liburan Akhir Tahun di Kala Pandemi

Ilutrasi menabung secara manual dengan wadah celengan. Sumber foto: money.kompas.com


Wah, Balamuda enggak terasa ya kini sudah di penghujung 2020. Nah, di momen penghujung tahun pasti Balamuda biasanya liburan kan? Namun, tahun ini kita mesti berpikir ulang nih untuk menghabiskan waktu liburan di luar rumah, sebab keuangan dan kesehatan jadi pertimbangan saat situasi pandemic, lho.

Walau mungkin kita tak berlibur ke luar kota atau negeri karena pandemi, tetapi tahu enggak Balamuda, masa liburan akhir tahun tetap berpotensi membuat pengeluaran melonjak, lho. Sebenarnya liburan di rumah justru dapat lebih menekan pengeluaran kita, tapi setelah berbulan-bulan terjebak di dalam rumah, keinginan untuk berbelanja tetap tinggi. Ditambah lagi dengan berbagai tawaran diskon di mal atau pun platform belanja online.

Nah, kalau begitu bagaimana ya cara agar Balamuda dapat menghemat pengeluaran selama musim liburan?

Melansir dari Kompas.com, ada beberapa tips menghemat pengeluaran selama musim liburan, nih. Pertama, jangan mudah tergiur dalam melakukan pembayaran secara online. Psikolog Phil Slade menyebut, sebuah studi menunjukkan ketika menggunakan kartu kredit atau membayar secara online, maka aktivasi otak jauh lebih sedikit. Sehingga, kenyamanan belanja online sering kali menipu pikiran kita untuk berpikir bahwa kita membelanjakan lebih sedikit daripada yang sebenarnya.

Kedua, siapkan rekening cadangan saat menggunakan kartu untuk membayar tagihan, dana liburan, dan keperluan transfer. Beri label khusus pada setiap rekening untuk membantu kita berpikir terlebih dahulu sebelum membelanjakan sesuatu yang kurang penting. Balamuda juga dianjurkan untuk memiliki beberapa rekening yang bertindak sebagai wadah berdasarkan tujuan keuangan, ya!

Ketiga, prioritaskan menghabiskan waktu di rumah dengan bermain bersama anak daripada memberinya hadiah uang. Sama halnya saat ingin bertemu dengan teman-teman, pertimbangkan untuk melakukan piknik sederhana di taman yang bagus daripada pergi ke restoran mewah.

Ingat ya Balamuda, liburan itu enggak harus ke tempat mewah, ke luar kota atau negeri, cara tersebut juga ampuh mendatangkan kebahagiaan yang tak ternilai lho, setelah Balamuda sejauh ini berkerja keras di kantor, atau sibuk dengan urusan kuliah dan sekolah.

Sementara itu, tips selanjutnya hadir dari CNN Indonesia, Perencana Keuangan Advisors Alliance Group Indonesia, Andy Nugroho mengatakan, masyarakat harus mengecek detail kemampuan finansial selama beberapa bulan ke depan. Sebab, Balamuda berisiko kehabisan uang kalau memaksakan menikmati liburan akhir tahun atau berbelanja di luar kebutuhan.

Selanjutnya, utamakan kebutuhan daripada kemauan. Prinsipnya tidak apa-apa belanja, tapi harus ada urgensi atau sesuai dengan kebutuhan. Balamuda juga bisa nih memanfaatkan diskon untuk membeli kebutuhan pokok yang lebih murah. Namun, sebaiknya dicek terlebih dahulu ya harga normalnya agar tak tertipu diskon.

So, sudah tahu kan cara menghemat keuangan di musim liburan pada masa pandemi Covid-19? Intinya sih, jangan sampai liburan akhir tahun yang mestinya mengundang kebahagiaan, tetapi justru menghadirkan pilu berkepanjangan karena kantong menipis, atau bahkan kesehatan Balamuda terlupakan. Duh sedih banget kan pasti, makanya yuk Balamuda kita lalui liburan akhir tahun dengan bijak, aman dan hemat ya, happy holiday Balamuda!

(Falah Aliya)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *