Alasan Hingga Manfaat Jamur Truffle Jadi Jamur Termahal di Dunia

Foto jamur truffle hitam dan truffle putih. Sumber foto: pertanianku.com


Balamuda tahu gak sih di antara macam jamur yang dapat kita konsumsi, seperti jamur kancing, jamur tiram, jamur shitake, jamur porcini, dan lainnya merupakan salah satu jamur yang harganya dapat mencapai jutaan rupiah pergramnya, seperti jamur truffle. Jamur ini diklaim sebagai jamur termahal di dunia loh, Balamuda. Tidak hanya memiliki harga yang selangit, namun jamur truffle ini memiliki beberapa manfaat sehingga menjadi mahal untuk dinikmati. Wah, kenapa bisa semahal itu ya Balamuda? Yuk, kita simak alasan dan manfaatnya sebagai berikut!

Kenapa ya Truffle menjadi jamur termahal di dunia?

Berbeda dari jamur pada umumnya, jamur truffle ini merupakan jenis jamur yang sangat sulit dibudidayakan, sehingga tergolong langka dan sulit dicari lho, Balamuda. Selain itu, truffle juga memberikan cita rasa pada setiap hidangan mewah.

Dilansir dari idntimes.com, jamur truffle pertama kali dikenalkan di Eropa dan kini sudah dapat dijumpai di lebih dari 36 negara. Jamur truffle ini tumbuh liar secara alami, tanpa bisa diolah atau dikontrol produksinya. Buat Balamuda yang ingin mencari tempat jamur truffle ini banyak ditemukan di Italia, Perancis, dan Australia.

Balamuda juga perlu tau nih tidak semua pohon akan menghasilkan jamur truffle, karena banyak faktor yang memengaruhinya, mulai dari kandungan tanah, hingga kondisi cuaca. Ada dua jenis truffle yang memiliki harga termahal, yaitu truffle hitam dan truffle putih.

Truffle hitam atau tuber melonosporum berasal dari wilayah Perigord di barat daya Prancis dan biasanya tumbuh subur pada September hingga Desember. Sedangkan, truffle putih atau tuber magnatum biasa ditemukan di wilayah Piedmont di Italia Utara pada musim dingin dan musim gugur.

Jamur langka ini mengakibatkan harganya tergolong fantastis, jenis truffle hitam biasa dibanderol sekitar Rp5,6 juta per 450 gram. Sedangkan, truffle putih bisa lebih mahal, yaitu bisa dibanderol sekitar Rp31 juta per 450 gram lho, Balamuda. For your information, pada 2018 sebuah jamur truffle putih langka mencetak rekor, terjual sekitar Rp1,5 miliar dengan berat 850 gram di Alba, Italia.

Selain kelangkaan dan sulitnya pembudidayaan truffle ini, alasan lain yang menjadikannya mahal yaitu karena truffle juga kaya akan manfaat bagi tubuh lho, Balamuda!

Lantas apa aja sih, manfaat jamur Truffle untuk tubuh?

Melansir dari bobo.grid.id, jamur truffle mengandung nutrisi yang lengkap, kaya akan karbohidrat, protein dan serat. Pada jamur truffle, di dalamnya mengandung asam lemak jenuh dan tak jenuh, vitamin C, fosfor, sodium, kalsium, magnesium, mangan, dan zat besi. Penelitian juga mengungkapkan, jamur truffle dapat menjadi sumber protein lengkap, karena mengandung sembilan jenis asam amino yang diperlukan tubuh.

Jamur truffle diklaim mampu mencegah dan mengobati kanker, karena mengandung antioksidan dan antiinflamasi. Truffle dikatakan mampu menghentikan pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh, sehingga perlahan tubuh menjadi resisten terhadap sel kanker. Antioksidan pada truffle juga membantu tubuh melawan radikal bebas dan mencegah kerusakan sel akibat oksidasi, dan dapat menurunkan risiko terkena penyakit kronis lainnya seperti diabetes dan penyakit jantung.

Berdasarkan penelitian di laboratorium, jamur truffle dapat digunakan untuk meredakan peradangan dan menjaga imunitas, serta kesehatan tubuh secara keseluruhan. Ada senyawa dalam jamur truffle yang dapat mencegah aktivitas salah satu enzim yang terlibat dalam peradangan

Menurut hasil penelitian laboratorium, truffle memiliki kandungan antibakteri dan antikanker yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri, dan ekstrak truffle berpotensi menghambat pertumbuhan sel kanker pada hati, paru-paru, usus besar dan payudara. Ekstrak jamur truffle hitan dan putih  juga bisa melawan sel kanker pada leher rahim atau serviks lho, Balamuda.

Balamuda, perlu diingat bahwa manfaat jamur truffle di atas pastinya didapat melalui penelitian di laboratorium dengan dosis tertentu ya, sehingga belum bisa sepenuhnya dijadikan patokan pengobatan alternatif penyakit.

Nah, itu dia alasan mengapa truffle menjadi jamur termahal di dunia. Selain kelangkaan dan sulitnya pembudidayaan truffle, jamur truffle juga kaya akan manfaat bagi tubuh kita nih, Balamuda. So, setelah tahu manfaat dan harganya yang mahal, buat Balamuda yang punya banyak uang, kira-kira bakal mencoba membelinya gak yaa?

(Sitta Sakinatu Yassaroh)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *